Potensi Pariwisata Kalurahan Wukirsari

Administrator 08 Oktober 2021 10:02:29 WIB

Wukirsari yang terletak di daerah sabuk mata air atau Spring belt menjadikannya memiliki bentang alam yang sangat beragam dengan daerah persawahan di sisi selatan serta perkebunan di sisi utara. Luas wilayah Kalurahan Wukirsari adalah 1.456 Ha menjadikan Kalurahan Kedua terbesar di Kabupaten Sleman. Oleh karena itu Wilayah Wukirsari memiliki berbagai macam potensi mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan bahkan pariwisata.

Seperti yang telah disampaikan Carik Wukirsari H. Ruswantoro, SE., M. IP. dalam acara Kampanye Sadar Lingkungan di Wukirsari pada tanggal (07/10/2021), beliau mengatakan salah satu target kedepan adalah pengembangan wisata di Wilayah Wukirsari salah satunya Wisata Perikanan.

“Kawasan Merapi masuk ke dalam Kawasan Konservasi jadi ada pembatasan pembangunan, maka yang perlu dimunculkan adalah potensi alam yang ada di sekitar Merapi”, kata Yani Fathurrahman Anggota DPRD Sleman. Yani Fathurrahman berharap ketika wisatawan datang ke Merapi seperti Lava Tour maupun tempat wisata lain yang berada di Lereng Merapi, para wisatawan mampir mengunjungi destinasi wisata yang berada di Wukirsari.

Selain pembangunan infrastrukstur saat ini Wukirsari telah mengembangkan beberapa hal untuk penunjang wisata seperti bumi perkemahan dan wisata berbasis budidaya perikanan seperti “Sibudi Dikucir” atau sistem budidaya nila dengan sentuhan kincir.

Beberapa Dusun yang diharapkan mengembangkan potensi di perikanan adalah Dusun Geblog dan Dusun Sabrangwetan. Kedua dusun ini memiliki budidaya perikanan yang sudah mulai berkembang, untuk itu dusun Geblog dan Sabrangwetan diikutkan dalam acara Sosialisasi yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pada hari Kamis, 07 Oktober 2021 di balai pertemuan Moro Lejar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar