Pemudi Wukirsari Terpilih Sebagai Pemudi Pelopor Kabupaten Sleman

Administrator 02 November 2021 11:55:04 WIB


Prestasi membanggakan diraih oleh Khusnul Rahmadani pemudi asal Dusun Plagrak, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan. Pemudi yang akrab dipanggil Khusnul tersebut terpilih sebagai Juara 2 Pemuda Pelopor Kabupaten Sleman tahun 2021 di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata yang diumumkan pada hari Rabu, 27 Oktober 2021.


Berawal dari audiensi di Kapanewon Cangkringan dengan Bapak Panewu dan pejabat Kapanewon yang lain, Pemudi yang akrab dipanggil Khusnul ini disarankan untuk mendaftar sebagai Pemuda Pelopor.


“Nah, itu perpanjangan waktu pendaftaran benar-benar hari terakhir dan saya belum menyiapkan berkas apapun terkait informasi itu” ungkap Khusnul. Namun dengan semangat dan dukungan dari berbagai pihak Ia pun bisa segera menyelesaikan persyaratan.


“Kebetulan saya Ketua Karang Taruna dan saya mengadakan Pelatihan Petani Milenial untuk wilayah Wukirsari dan itu sebagai salah satu dari materi saya dalam bidang kepeloporan yang akan saya presentasikan di Kabupaten” ucapnya. Selain itu pemudi 20 tahun ini juga mengusung topik terkait dengan pemuda yang peduli terhadap lingkungan, dalam hal dia mengangkat persoalan di lahan bekas tambang yang berdampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat sehingga perlu adanya reklamasi lahan bekas tambang.


Untuk meraih prestasi tersebut, pemudi yang juga Ketua Karang Taruna tersebut harus bersaing dengan perserta se-Kabupaten Sleman. Ia harus melewati beberapa tahapan, mulai dari seleksi administrasi berupa pendaftaran dan mengirimkan file deskripsi program yang menjadi kegiatan pelopornya, wawancara langsung dengan dewan juri serta fact finding dari tim juri ke lahan kepeloporan dan rumah Khusnul.


Kedepannya Ia berencana ingin menyadarkan masyarakat terkait dengan pentingnya menjaga keseimbangan alam khusnya diwilayah lereng Gunung Merapi karena mempunyai sumber daya alam yang sangat luar biasa serta ingin membangun pola pikir generasi muda agar peduli terhadap lingkungan sekitar.


“Besar harapan saya untuk mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kalurahan terkait dengan rencana kedepan saya untuk membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia di Wukirsari agar semakin maju dan menjadi panutan bagi daerah lain” harap Khusnul. Dia berpesan kepada Pemuda Pemudi untuk tidak pernah takut dan ragu untuk maju dalam hal kebaikan, kurangi sifat egoisme, perbanyak introspeksi diri serta jangan pernah beranggapan bahwa Organisasi itu melelahkan dan merugikan.


“Ubah mindset kalian, karena sejatinya dari organisasi kalian bisa menjalin relasi dan mendapatkan manfaat yang begitu banyak” pungkasnya.

Komentar atas Pemudi Wukirsari Terpilih Sebagai Pemudi Pelopor Kabupaten Sleman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar