Penyuluhan Bina Keluarga Lansia Dan 7 Dimensi Tangguh Kalurahan Wukirsari.

Administrator 03 November 2021 13:33:31 WIB

Kalurahan Wukirsari, 03 November 2021

 

Setelah berbagai penyuluhan seperti Bina Keluarga Balita, dan Bina Keluarga Remaja kali ini Pemerintah Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman melaksanakan penyuluhan Bina Keluarga Lansia (BKL) masih di Aula Kalurahan Wukirsari (3/11/2021). Peserta penyuluhan adalah Kader Lansia dari 24 Padukuhan di wilayah Wukirsari.

Narasumber dalam acara ini adalah Munasir Penyuluh Keluarga Berencana Kapanewon Cangkringandan juga Retno Kusumastuti dari Puskesmas Cangkringan.

Dalam pemaparannya Retno Kusumastuti menjelaskan tentang 7 dimensi lansia tangguh serta memotivasi agar kader-kader lansia menggerakkan kembali posyandu lansia di masa pandemi.

Retno menjelaskan 7 dimensi lansia tangguh meliputi: spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional, vokasional, dan lingkungan. Tujuh dimensi tersebut juga menjadi indikator lansia yang sehat secara fisik, sosial, mental, mandiri, aktif, dan produktif.

Pada hari ini acara Tri Bina yang merupakan program yang dibentuk oleh BKKBN telah dilaksanakan oleh kalurahan wukirsari. Tujuan dari program ini untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terkait dengan pembinaan keluarga guna mencapai kesejahteraan dalam keluarga. Tri bina terdiri dari tiga program yaitu Bina Keluarga Balita, dan Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia (BKL)

BKL sendiri merupakan program yang ditujukan kepada keluarga yang memiliki lansia (lanjut usia). Tujuan dari BKL adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran anggota keluarga, sehingga terbentuk lansia yang produktif, aktif, mandiri, sehat, dan bermanfaat bagi keluarga maupun masyarakat.  

Di dalam kegiatan BKL, terdapat pembinaan yang berkaitan dengan pembinaan fisik bagi lansia. Pembinaan tersebut mempertimbangkan faktor usia dan kondisi fisik yang berbeda- beda setiap orang. Pertimbangan tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan atau penanganan kepada lansia sesuai dengan kebutuhan secara maksimal. 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar