Pembentukan Satgas Anti Narkoba Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan

Administrator 03 November 2021 13:38:32 WIB

Kalurahan Wukirsari, 03 November 2021

 

Keterlibatan masyarakat dalam memberantas peredaran narkoba di lingkungan sekitar sangat dibutuhkan. Hal ini yang mendorong Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Wukirsari untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba di Kalurahan Wukirsari.

Acara bimbingan teknis dilaksanakan selama dua hari di Ruang Sadewa lantai dua Kantor Kalurahan Wukirsari. Pada hari pertama peserta diberikan materi mengenai penyalahgunan narkoba oleh Kesbangpol, BNN dan Kemenag. Pada hari narasumber dihadirkan dari BNN, Dinkes Sleman dan juga seorang mantan penyalah gunaan Narkoba.

Materi pertama diisi oleh Menik Fardintika Zohara, S.Farm., Apt. Koordinator Seksi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sleman. Beliau menjelaskan tentang pentonya Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) untuk program Desa Bersinar.

“Intinya Desa Bersinar ini untuk menciptakan kondisi yang aman, tertib bagi masyarakat desa” jelas Ibu yang akrab di panggil menik tersebut. IBM sendiri merupakan suatu program yang berupaya menyelesaikan permasalahan penyalahgunaan narkoba dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan intervensi kepada masyarakat yang telah menggunakan narkoba.

Kemudian selanjutnya adalah penjelasan dari dr. Seruni Angreni Susila Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Dalam acara ini dokter Seruni lebih menjelaskan tentang jenis-jenis serta efeksamping penggunaan narkoba dan juga minuman ber-alkohol.

Eko Prasetyo membawakan materi tentang pengalamannya dalam bidang adiksi yang selama ini dijalankan sebagai pengetahuan bagi peserta apabila menemukan hal-hal yang berkaitan dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Semua pecandu kepingin sembuh tetapi tidak ada keberdayaan untuk sembuh, maka perlunya Desa Bersinar dan Satgas supaya bisa membentuk rehabilitasi berbasis masyarakat” Kata Eko Prasetyo. Eko yang juga Pimpinan Jogja Care House tersebut juga menjelaskan pentingnya peran keluarga dan masyarakat sekitar karena lebih dari 80% pecandu mulai menggunakan narkoba pada usia 12-15 tahun.

Acara terakhir ditutup dengan penyerahan Surat Keputusan Bupati tentang Pembentukan Satuan Tugas Anti Narkoba untuk Kalurahan Wukirsari. Dan secara simbolik diterima oleh Nana Widiyatmanto A. Md. selaku Jagabaya Kalurahan Wukirsari.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar