Lurah Wukirsari Membuka Penyuluhan Dan Pelantikan Satgas Perlindungan Perempuan Dan Anak Tingkat Kal

Administrator 13 November 2021 12:37:20 WIB

Lurah Wukirsari Membuka Penyuluhan Dan Pelantikan Satgas Perlindungan Perempuan Dan Anak Tingkat Kalurahan

Kalurahan Wukirsari, 13 November 2 021.

Bertempat di Aula Kalurahan Wukirsari Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan secara resmi membuka kegiatan penyuluhan dan pelantikan Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak Kalurahan Wukirsari pada hari, Sabtu, 13 November 2021. Dalam acarara tersebut turut hadir narasumber dari Tim Pendamping Nasional Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Sleman serta Pemuda Pelopor Kabupaten Sleman.

“kegiatan penyuluhan perlindungan anak semoga terusd berlanjut dan berjalan rutin hingga menjadi agenda bulanan di Kalurahan Wukirsari” kata Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan. Beliau berharap Perlindungan Perempuan dan Anak di Kalurahan Wukirsari dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Setelah sambutan kemudian Lurah Wukirsari membuka secara resmi kegiatan penyuluhan dan pelantikan tersebut.

Arif Winarto selaku Tim Pendamping Nasional dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Sleman memaparkan materi tentang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). PATBM adalah sebuah gerakan masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi dalam melakukan pencegahan dan respon cepat jika terjadi kekerasan di masyarakat desa/kalurahan. Gerakan PATBM ini dilaksanakan oleh kelompok aktivis PATBM yang sudah di latih dengan berbagai pengetahuan tentang perlindungan anak. Untuk mendukung kinerja aktivis di desa/kelurahan maka Pemerintah melalui kementrian PP-PA berupaya untuk memberikan prasarana dan sarana pendukung yang salah satunya adalah dengan menyusun buku kegiatan pegangan aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat-PATBM. Selain itu Arif Winarto juga menjelaskan langkah strategis PATBM dalam respon terhadap kekerasan anak.

Materi selanjutnya diisi oleh Khusnul Ramadhani dari Pemuda Pelopor Kabupaten Sleman yang menjelaskan tentang perjalanan prestasinya sampai ke tingkat Nasional. Pemudi yang juga Ketua Karang Taruna “Taruna Bhakti” Kalurahan Wukirsari ini melalui peserta pelantikan Satgas PPA memotivasi generasi muda untuk selalu berusaha dan bekerja keras dan pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan. Selain itu juga dibutuhkan peran serta dan dukungan dari orang tua karena pendidikan pertama untuk anak adalah dari orang tua.

“Setiap yang berusaha dan dibarengi dengan ibadah, insya Allah akan ada hasilnya, yakin akan keberhasilan dan percaya sama Allah. Dan kalau bukan karena Ibu, aku tidak akan bertahan sampai di titik ini” pungkas khusnul.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar