Sosialisasi Pengarus Utamaan Gender Di Kalurahan Wukirsari.

Administrator 19 November 2021 12:09:11 WIB

Kalurahan Wukirsari, 19 November 2021.

Komitmen Pemerintah Kalurahan Wukirsari untuk mewujudkan kesetaraan telah direalisasikan melalui ragam program/kegiatan, serta aksi di masyarakat. Salah satunya saat kegiatan Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan yang dilaksanakan di aula Balai Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan (19/11/2021). Dalam acara tersebut selain pembinaan untuk Kader PKK Kalurahan Wukirsari juga ada sosialisasi tentang Pengarusutamaan Gender (PUG).

“PUG merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia, rumah tangga, masyarakat dan Negara” kata Ketua TP PKK Kalurahan Wukirsari, Martyadonna Senja Rara Kunti., S.E. Dalam sambutannya beliau mengatakan penerapan pembangunan perlu dilakukan oleh semua kalangan tanpa memandang perbedaan gender. Ketua TP PKK Kalurahan Wukirsari berpesan kepada seluruh Kader PKK agar tidak berhenti untuk belajar berorganisasi dan hal-hal yang sifatnya positif demi meningkatkan pemberdayaan perempuan.

“Mari kita tingkatkan kualitas diri khususnya perempuan untuk menjadi perempuan hebat bermartabat dan berkualitas tanpa meninggalkan kodratnya sebagai seorang dan seorang istri.” pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan oleh Sidiq Heru Santoso selaku Kamituwa Kalurahan Wukirsari yang sekaligus membuka acara Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan tersebut.

Sosialisasi Pengarusutamaan Gender dimoderatori oleh Siti Asiyah yang juga sebagai Dukuh Tanjung kemudian materi disampaikan oleh Azizia Fitri ‘Aisyah dari Keterwakilan Perempuan Badan Perwakilan Kalurahan. Aziziah menyampaikan banyak materi tentang pengarusutamaan gender dan peran serta masyarakat perempuan desa. Pemudi yang juga anggota Karang Taruna tersebut berharap setelah sosialisasi akan ada dorongan untuk perubahan berbasis gender, baik bagi masyarakat maupun Pemerintah Desa/Kalurahan. Zia juga menjelaskan tujuan dari sosialisasi pengarusutamaan gender untuk mempersempit bahkan meniadakan kesenjangan diantara laki-laki maupun perempuan.

Kegiatan diakhiri dengan pelatihan pembuatan ayam krispi oleh Ibu Giyanti sebagai pelaku usaha dan anggota Pokja Tiga di TP PKK Kalurahan Wukirsari. Para peserta yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK tersebut sangat antusias mengikuti sampai akhir acara dan juga selalu mematuhi protokol kesehatan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar