Seminar Kerukunan Umat Beragama Di Kalurahan Wukirsari

Administrator 23 November 2021 11:11:19 WIB

Kalurahan Wukirsari, 23 November 2021.

Bertempat di Ruang Rapat Sadewa Kalurahan Wukirsari, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sleman, bersama Pemerintah Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan menggelar seminar kerukunan umat beragama, Selasa (23/11/2021). Kegiatan seminar kerukunan antar umat beragama ini mengusung tema  penguatan kerukunan umat beragama untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai, rukun dan bahagia di Kabupaten Sleman.

Dalam acara tersebut, Kepala Kesbangpol Drs. Hery Sutopo, M.M., M.Sc. menjelaskan tentang tugas-tugas FKUB termasuk menjelaskan tentang perijinan mengenai pendirian tempat ibadah. Menurut Hery Sutopo, sosialisasi  ini bentuk kepedulian dan fasilitasi dari pemerintah daerah agar warganya tentram, rukun dan semua bisa menjalankan ibadah dengan baik. Untuk itu Hery Sutopo berharap rumah ibadah yang ada agar diinventarisir kemudian didaftarkan untuk mendapatkan ijin.

Selanjutnya Benedictus Belariantata  dari Ketua Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Sleman menyampaikan materi tentang peran FKUB di Kalurahan. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta seminar untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dan selalu menjaga silaturahmi.

“Kerukunan umat beragama di Cangkringan sudah berjalan secara automatis, karena di cangkringan banyak sekali kegiatan yang melibatkan semua unsur masyarakat” ungkap Djaka Sumarsono, AP, M.Si selaku Panewu Cangkringan. Beliau menjelaskan wujud kerukunan di Cangkringan adalah dengan adanya acara-acara adat seperti ‘boyong songsong’ atau hari jadi Kalurahan yang mengikutsertakan masyarakat.

“Bersama bahu membahu untuk kembali dalam keterpurukan di masa pandemi sehingga semakin solid dan sinergi” pesan Panewu Cangkringan. Beliau juga berpesan untuk selalu menjaga dan membina Cangkringan agar selalu aman terkendali dan sejuk di hati dengan dasar toleransi dan kerukunan beragama.

Di kesempatan yang sama Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan mengatakan jika kegiatan seminar kerukunan umat beragama ini menjadi media strategis untuk menjalin silaturahmi, memperkuat komunikasi dan jejaring serta memahami hidup bermasyarakat dalam aspek keagamaan dan keyakinan.

“Semoga dengan adanya seminar ini nantinya dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama di wilayah Kalurahan Wukirsari” harap Lurah Wukirsari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar