Program "LUKADESI" Keluarga Berduka Desa Siaga

Administrator 13 Desember 2021 11:56:20 WIB

Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan menyerahkan akta kematian kepada keluarga alm. Ibu Surastiwi di Dusun Sintokan Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan (10/12/21). Penyerahan akta kematian tersebut merupakan wujud program LUKADESI yang ada di Kalurahan Wukirsari sejak 2016 yang lalu.

Salah satu program Kalurahan Wukirsari adalah adanya inovasi pelayanan akta kematian dengan mensinergikan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman dengan Pemerintah Kalurahan yang disebut Program LUKADESI (keluarga berduka desa siaga). Program tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan kepada masyarakat yang sedang berduka.

Saat ini LUKASDESI telah diikuti oleh 70 Kalurahan di Kabupaten Sleman dan prosedurnya adalah ketika masyarakat yang anggota keluarganya meninggal maka cukup melaporkan ke Pemerintah Kalurahan. Kemudian Petugas Kalurahan yang akan memohon penerbitan akta kematian kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman melalui aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Relasi, sehingga proses pembuatan akta bisa segera dilakukan melalui mekanisme yang ada. Dengan proses yang cepat tersebut maka pada saat upacara pemakamannya Perangkat Kalurahan sudah bisa menyerahkan kutipan akta kematian tersebut kepada keluarga atau ahli waris.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar