Penyerahan Rancangan Peraturan Kalurahan (Raperkal) RAPBKal Tahun Anggaran 2022 Kalurahan Wukirsari.

Administrator 14 Desember 2021 12:32:46 WIB

Kalurahan Wukirsari, 14 Desember 2021.

Senin, 13 Desember 2021. Pemerintah Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan menyelenggarakan Rapat Penyerahan Rancangan Peraturan Kalurahan (Raperkal) RAPBKal Tahun Anggaran 2022. Agenda dari rapat tersebut adalah penyerahan  APBKal, pemaparan serta pembahasan. Rapat dilaksanakan di ruang rapat lantai dua atau Ruang Sadewa di Kalurahan Wukirsari. Turut hadir dalam rapat tersebut Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal), Lurah, Carik, Pamong serta Staf Kalurahan.

Acara diawali sambutan Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan yang menyampaikan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022. Beliau menjelaskan jika berdasar Perpres tersebut terdapat empat point yaitu

  1. Program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen)
  2. program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen)
  3. dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa; dan
  4. Program sektor prioritas lainnya.

Setelah itu Lurah Wukirsari menyerahkan Rancangan Peraturan Kalurahan (Raperkal) RAPBKal Tahun Anggaran 2022 kepada Ketua Badan Permusyawaratan Kalurahan H. Tuyahmin, S. Ag.

Kemudian H. Tuyahmin, S. Ag. Dalam sambutannya berterimakasih kepada Lurah Wukirsari dan seluruh Pamong karena draft APBKal sudah bisa diserahkan kepada BPKal.

“Harapan kita malam ini, isi draft bisa kita sepakati bersama antara pemerintah kalurahan dengan BPKal dan mekanismenya bisa berjalan sebaik-baiknya meskipun dengan adanya Perpres tersebut dapat terjadi perubahan APBKal” kata H. Tuyahmin, S. Ag.

Rapat diakhiri dengan pemaparan materi oleh Carik Wukirsari H. Ruswantoro, SE., M. IP dan pembahasan mengenai APBkal Tahun 2022. Acara yang diadakan pada malam hari tersebut berjalan tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar