Pembinaan Guru/Pendidik TK PAUD Dan Penyegaran Pengurus Yayasan Citra Sakti Kalurahan Wukirsari.

Administrator 14 Desember 2021 12:38:25 WIB

Kalurahan Wukirsari, 14 Desember 2021.

 

Bertempat di Rumah Makan Moro Lejar, Pemerintah Kalurahan Wukirsari melaksanakan kegiatan Pembinaan Guru/Pendidik  TK PAUD Yayasan Citra Sakti dan Penyegaran Pengurus Yayasan Citra Sakti Periode 2022-2027 (14/12/2021). Peserta acara tersebut adalah Guru atau Pendidik Yayasan Citra Sakti Kalurahan Wukirsari dan beberapa narasumber.

Acara diawali dengan sambutan dari Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan yang juga sebagai Pembina Yayasan Citra Sakti. Dalam sambutannya, Handung Tri Rahmawan akan mengupayakan kebutuhan yayasan seperti rehab dan pembangunan gedung serta prasarana lain untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Selanjutnya Ibu Paud yang juga Ketua TP PKK Kalurahan Wukirsari Martyadonna Senja Rara Kunti., S.E. sebagai narasumber menjelaskan tentang enam aspek perkembangan anak. Adapun enam aspek tersebut adalah

  1. Nilai agama dan moral
  2. Aspek fisik-motorik
  3. Aspek kognitif
  4. Aspek Bahasa
  5. Aspek sosial-emosional
  6. Aspek seni

Selain itu Martyadonna juga menjelaskan kepada peserta tentang ragam konsepsi mengenai PAUD berkualitas antara lain

  1. Memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik
    PAUD yang berkualitas tercipta dari proses pembelajaran yang baik. Adapun sarana prasarana hanya pendukung terjadinya proses pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik.
  2. Bermitra dengan orang tua
    Direktorat PAUD Kemdikbud juga menyebut, mitra dengan orang tua menjadi salah satu elemen yang dapat menciptakan PAUD yang berkualitas.
  3. Memiliki tata kelola yang baik
    PAUD berkualitas setidaknya memiliki tata kelola yang baik seperti kelengkapan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan perencanaan yang baik. Dapodik merupakan sistem pendataan secara nasional yang dijalankan secara terpadu.
  4. Memantau dan mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak
    Terakhir, kebutuhan esensial anak yang dimaksudkan meliputi pemenuhan kesehatan dan gizi, pembinaan moral-emosional dan pengasuhan, serta perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan.

Beliau juga menambahkan jika layanan PAUD berkualitas turut mendukung terwujudnya layanan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di komunitasnya. Sementara itu Martyadonna menjelaskan jika PAUD Holistik Integratif atau PAUD HI adalah penanganan anak usia dini secara menyeluruh.

Narasumber selanjutnya dari H. Tuyahmin, S. Ag. Pengawas Yayasan Citra Sakti yang juga merupakan Ketua BPKal Wukirsari. Dalam acara ini beliau lebih banyak memberikan motivasi dan pesan-pesan kepada Pendidik Yayasan Citra Sakti.

“anak-anak masa kini adalah orang tua masa yang akan datang, bagaimana kita membina anak-anak ini untuk menjadi orang tua masa depan yang menjadi figur penting di tengah-tengah masyarakat baik di masyarakat lingkup Dusun hingga sampai ke lingkup nasional, ” kata H. Tuyahmin.

Beliau berharap nantinya Yayasan Citra Sakti dapat mendidik generasi penerus yang dapat berguna bagi Bangsa dan Agama. Disamping itu Pengawas Yayasan juga berpesan supaya orang tua berhati-hati berkata atau berucap dengan anak-anak karena anak dapat mengingat dengan sempurna apa yang kita ucapkan, karena itu H. Tuyahmin, S. Ag. meminta kepada orang tua untuk selalu berucap dan bersikap baik dengan anak.

“hati-hati ibu-ibu berucap dengan anak-anak karena pendengaran anak itu sempurna, semua suara terekam oleh anak-anak,” pesan H. Tuyahmin, S. Ag.

 

Komentar atas Pembinaan Guru/Pendidik TK PAUD Dan Penyegaran Pengurus Yayasan Citra Sakti Kalurahan Wukirsari.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar