Pembinaan RT/RW Se-Kalurahan Wukirsari

Administrator 15 Desember 2021 13:52:29 WIB

Kalurahan Wukirsari, 15 Desember 2021.

 

Pemerintah Kalurahan Wukirsari mengadakan pembinaan RT/RW yang dilaksanakan di Rumah Makan Moro Lejar di Dusun Balangan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan (15/12/2021). Dalam acara tersebut mengundang dua narasumber dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sleman serta dari Kapanewon Cangkringan dan 152 ketua Rukun Warga (RW) se-Kalurahan Wukirsari.

Acara diawali pembinaan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman AKBP. Siti Alfiah, S. Psi., S.H. M.H. Beliau memberikan materi tentang materi mengenai peranan RT/RW dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada anak. Dalam materi tersebut juga dijelaskan mengenai Desa Bersinar yaitu satuan wilayah setingkat kalurahan yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) secara masif. Kepala BNN Kabupaten Sleman juga menjelaskan tujuan dari Program P4GN dan Desa Bersinar ini adalah menciptakan kondisi aman, tertib bagi masyarakat desa, sehingga bersih dari penyalah gunaan narkoba.

“Saya berharap Ketua RT/RW berperan serta dalam menanggulangi penyalahgunaan Narkoba, jika ada warga yang dicurigai dalam penyalahgunaan Narkoba bisa langsung lapor ke Saya, atau Bhabinkamtibmas” Kata Siti Alfiah.

Disamping itu Siti Alfiah juga menjelaskan ciri-ciri pengguna narkoba dan bagaimana cara menangani termasuk bagaimana proses rehabilitasinya. Beliau sangat meminta kepada Ketua RT/RW untuk selalu mengingatkan warganya tentang bahaya dari Narkoba, dan mengawasi anggota keluarganya masing-masing, dan jika ada yang mengetahui anggota keluarganya maupun orang lain menggunakan narkoba tetapi dengan sengaja tidak melaporkan kepada Pihak yang berwajib maka orang tersebut juga dapat dikenakan sangsi.

Narasumber selanjutnya adalah Panewu Cangkringan yang diwakili oleh Wahyu Irawan selaku Kawat praja Kapanewon Cangkringan. Wahyu Irawan memaparkan materi mengenai peranan RT/RW dalam rangka pemberdayaan kesejahteraan masyarakat.

Wahyu Irawan juga menjelaskan tentang tugas dan fungsi RT/RW dalam masyarakat. Pengurus RT dan RW merupakan sarana atau jembatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Kalurahan atau Lurah sebagai aparat Pemerintah. Sebaliknya, pengurus RT Dan RW mampu menerjemahkan segala kebijakan atau program yang digulirkan aparat Pemerintah kepada masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar