Keripik "Merapi Bangkit", Camilan Lereng Merapi Yang Mendunia

Administrator 16 Desember 2021 11:46:27 WIB

Kalurahan Wukirsari, 16 Desember 2021.

 

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan semakin beragam, apalagi setelah erupsi Merapi 2010 yang lalu membuat masyarakat harus bangkit untuk memulihkan perekonomian pasca bencana. Salah satunya adalah usaha mikro milik Sumirah warga Dusun Srodokan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan yang membuat ide membuat usaha keripik dari berbagai hasil perkebunan warga.

“Saat ini produk yang berhasil diolah adalah keripik dari umbi-umbian, pisang dan jamur yang saya beli dari tetangga-tetangga saya” ucap Sumirah. Awalnya Beliau mengikuti pelatihan olahan pangan pada tahun 2013, kemudian berlanjut dengan membuat sendiri keripik talas di rumahnya. Keripik tersebut dia pasarkan ke tetangga dan dititipkan ke toko-toko sekitarnya. Tak disangka keripik buatan sumirah laku dan setelah itu kemasan produk keripiknya pun diberi label dengan merk Keripik “Merapi Bangkit”. Menurutnya “Merapi Bangkit” adalah sebagai pengingat dan motivasi untuk bangkit setelah Erupsi Merapi 2010 yang meluluh lantahkan tempat kediamannya.

Meskipun memiliki hunian tetap (Huntap), Sumirah beserta Suami dan anaknya membangun tempat tinggal baru di lahan bekas tempat tinggalnya terdahulu. Ia mengaku jika di Huntap lahannya terbatas untuk memulai usaha apalagi suaminya seorang petani dan peternak. Disamping itu, akses untuk mendapatkan bahan baku pun lebih dekat karena petani bisa langsung menjual hasil kebun mereka kepada beliau atau sebaliknya.

Saat ini Sumirah telah memiliki beberapa olahan produk aneka keripik, diantaranya adalah keripik Talas, pisang, manggleng (ketela), kentang dan juga jamur tiram. Ragam rasanya pun beraneka ragam seperti asin, pedas manis, manis dan original. Produk-produk tersebut di jual dengan harga antara Rp. 45.000,-per Kg sampai Rp. 110.000,- per Kg atau Rp. 12.000,- sampai Rp. 22.000,- per kemasan.

Selain dititipkan ke toko-toko, sekarang Produk Keripik “Merapi Bangkit” juga sudah berada di swalayan seputar Cangkringan, bahkan produknya sering dikirim ke berbagai tempat di luar daerah hingga ke manca negara. Keripik Merapi Bangkit pun juga sudah mempunyai Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT) sehingga produknya telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar