Bhakti Sosial Donor Danar Kapanewon Cangkringan

Administrator 22 Desember 2021 13:03:06 WIB

Bhakti Sosial Donor Darah yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia di gedung PPKM Kapanewon Cangkringan diikuti oleh sejumlah masyarakat. Selain itu antusias masyarakat untuk menyumbangkan darahnya juga cukup tinggi.
Acara donor darah hampir setiap 3 bulan sekali di adakan di Kapanewon Cangkringan. Selain pejabat, pamong dan komunitas, masyarakat juga banyak yang turut serta dalam kegiatan tersebut.
Perlu diketahui jika donor darah memberikan berbagai manfaat diantaranya
1. Mendeteksi penyakit serius.
Proses donor darah tentunya harus melalui beberapa prosedur. Tiap kali seseorang ingin mendonorkan darahnya, prosedur standarnya adalah pemferiksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius. Sebut saja HIV, sifilis hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Hal ini penting dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah. Prosedur ini juga menjadi “lampu kuning” bagi pendonor agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya sendiri.
2. Meningkatkan sel darah merah
Manfaat donor darah juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kok bisa? Nah, ketika melakukan donor darah, sel darah memang akan berkurang. Namun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah baru untuk menggantikan yang hilang. Proses ini akan memakan waktu beberapa minggu. Dengan kata lain, seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.
3. Panjang umur
Manfaat donor darah lainnya juga bisa memperpanjang usia. Sebab menurut banyak penelitian, berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Umur orang yang gemar menolong dan tak mementingkan diri sendiri dapat memiliki usia yang lebih panjang sekitar empat tahun.
4. Menjaga kesehatan jantung.
Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar