Sungai Sriwil Meluap, Tanaman Petani Rusak

Administrator 27 Desember 2021 10:44:23 WIB

Kalurahan Wukirsari, Senin 27 Desember 2021.

 

Jagabaya Kalurahan Wukirsari Nana Widiatmanto. A.md meninjau lokasi meluapnya aliran sungai Sriwil pada hari Senin, 27 Desember 2021. Sungai yang membentang di sebelah timur Dusun Karangnongko Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan tersebut tidak berhulu di merapi melainkan sungai kecil yang dimanfaatkan warga untuk irigasi, namun ketika hujan aliran di sungai tersebut cukup deras.

“Terhambatnya aliran sungai Sriwil disebabkan karena bertumpuknya sampah seperti ranting pohon dan dedaunan” jelas Nana Widiatmanto. A.md.

Jagabaya Wukirsari menerangkan jika luapnya aliran sungai selain karena air hujan juga disebabkan oleh bertumpuknya ranting-ranting pohon yang menjadi sampah di aliran sungai. Pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang alur juga menimbulkan penyempitan sehingga rawan terjadi penyumbatan di daerah tersebut.

Luapan aliran sungai menyebabkan tanaman pertanian rusak, untuk itu Pemerintah Kalurahan Wukirsari segera meninjau lokasi untuk segera memberikan tindak lanjut supaya kejadian tidak terulang dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih banyak lagi.

“Besuk hari Rabu, 29 Desember 2021 pukul 08.30 WIB kita adakan pertemuan mambahas penyelesaian masalah meluapnya air sungai tersebut” kata Jagabaya Wukirsari.

Dalam pertemuan yang akan dilaksanakan hari Rabu tersebut rencananya akan dihadiri oleh Pamong, Dukuh serta pemilik sawah di sekitar lokasi sungai Sriwil.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar