Peningkatan Kapasitas Kelompok Jagawarga Kalurahan Wukirsari Tahun 2021

Administrator 30 Desember 2021 12:58:10 WIB

Kalurahan Wukirsari, 30 Desember 2021.

Dalam rangka implementasi Peraturan Gubernur DIY Nomor 9 Tahun 2015 tentang Jaga Warga, Pemerintah Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Jagawarga yang dilaksanakan di rumah makan Moro Lejar dusun Balangan, Kalurahan Wukirsari. (30/12/2021).

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Polsek Cangkringan dan Koramil Cangkringan serta dihadiri oleh Kelompok Jagawara se-Kalurahan Wukirsari, Ketua RT/RW juga Tokoh Masyarakat dari setiap Padukuhan.

Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan dalam sambutannya berpesan kepada para undangan yang mewakili masyarakat agar selalu menumbuhkan semangat  untuk membantu Dukuh di padukuhan masing-masing, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan pandemi.

“Jagawarga nantinya juga berpartisipasi dalam hal kebencanaan, keamanan dan ketertiban lingkungan” imbuhnya.

Danramil Cangkringan Kapten Infanteri Tosikin kemudian memberikan materi tentang “Jagawarga Dalam Memahami Wawasan Kebangsaan”

“Bangsa Indonesia harus mewaspadai bahwa sebagian besar bangsa Indonesia belum mengerti dan memahami bahwa kita telah terseret dalam skenario global yang dikembangkan oleh negara maju melalui penjajahan paradigma,” kata Danramil Cangkringan tersebut.

Kapten Inf. Tosikin juga mengungkapkan kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sadar atau tidak sedang dilanda perang modern.

Selanjutnya narasumber diisi oleh Ipda Ahmadi Kanit Patroli Polsek Cangkringan mewakili Kapolsek Cangkringan menjelaskan dasar-dasar hukum tentang Jagawarga.

“Jagawarga mempunyai tugas membantu menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat,” jelas Ipda Ahmadi.

Beliau juga mengingatkan kelompok Jagawarga supaya selalu menjalin komunikasi dan kerjasama dengan Polsek. Hal tersebut disampaikan supaya masyarakat bisa dengan cepat memberikan informasi untuk menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan tertib.

Ipda Ahmadi memberikan contoh ketika ada orang yang mencurigakan, kelompok Jagawarga langsung melaporkan ke Polsek bisa secara langsung maupun melalui Bhabinkamtibmas supaya Pihak Berwajib bisa langsung melakukan investigasi lebih lanjut.

Kegiatan ini selain peningkatan kapasitas juga untuk menciptakan kelompok Jagawarga yang berintergritas supaya terwujud rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar