Camilan Unik Dari Gedebog Pisang Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Administrator 31 Desember 2021 08:26:34 WIB

Salah satu warga yang tinggal di Hunian Tetap Gondang 2 Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, bernama Wawan Doniyanto memulai usaha produksi makanan yang sangat unik dari bagian lain tanaman pisang yang selama ini tidak banyak terpikirkan orang-orang. Pria satu anak itu mempunyai ide untuk mengolah pelepah pisang alias gedebog pisang menjadi makanan ringan berbentuk panjang, pipih, dan berlubang-lubang seperti makanan ringan merek Taro.

Ide membuat makanan ringan tersebut muncul saat ia sedang berjalan-jalan menyusuri kebun di dekat rumahnya yang banyak terdapat tanaman pisang jenis kepok dan raja. Dari hal tersebut membuat wawan berpikir untuk membuat olahan makanan yang berbeda dari olahan pisang yang sering dijumpai di pasaran. Di daerahnya gedebog biasanya hanya untuk pakan ternak, namun setelah ia perhatikan teksturnya sangat bagus secara alami bentuknya juga sudah berongga-rongga mirip seperti makanan ringan Taro.

Dari sekitar bulan Oktober tahun 2020 Wawan dan istrinya Onny Nadhia Pratima mulai mencoba bereksperimen mengolah pelepah pisang menjadi makanan. Mereka berusaha keras untuk menjadikan pelepas pisang menjadi sesuatu yang bisa di konsumsi.

 

Pelepah yang dipilih tidaklah sembarangan. Tiga hingga empat lembar dari luar darus dibuang, selanjutnya pelepah yang tersisa, itulah yang bisa diambil untuk diolah.

 

"kita kupas sampai batas yang paling dalam tapi jangan sampai terlalu muda karena lembek dan untuk bumbu yang kami campurkan selalu pakai bawang dan kami non-MSG. Setelah itu, gedebog bisa digoreng dan ditiriskan pakai alat peniris minyak," jelas dia. 

Wawan memberi nama produknya dengan merek “Taroe Debog” karena bentuknya yang mirip dengan makanan ringan “Taro” dan bahan bakunya yang terbuat dari “debog” atau pelepah pohon pisang. Saat ini “Taroe Debog” sudah hadir dalam banyak varian rasa seperti original, jagung manis, pedas, balado, dan masih banyak lagi. Produk tersebut Ia ia jual dengan harga Rp10.000 per kemasan 100 gram melalui media online dan rencana kedepan “Taroe Debog” juga akan dititipkan di galeri-galeri UMKM.

Meskipun berbahan dasar pelepah pisang, produk tersebut sangat aman dikonsumsi bahkan menurut penelitian ternyata pelepah pisang juga kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. “Taroe Debog” pun kini juga sudah mengantongi izin usaha dan Untuk memajukan bisnis rumahannya ia tak segan-segan belajar ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman dan kerap diundang mengikuti acara UMKM yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten.

Komentar atas Camilan Unik Dari Gedebog Pisang Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar