Musyawarah Kalurahan (Musykal) Khusus Pemerintah Kalurahan Wukirsari

Administrator 13 Januari 2022 13:00:07 WIB

Kalurahan Wukirsari, 13 Januari 2022.

 

 

Meskipun sudah di awal tahun 2022, dampak pandemi masih terasa hingga saat ini. Oleh karena itu, saat ini Pemerintah mengambil kebijakan bahwa Pemerintah Desa atau Kalurahan harus menyiapkan anggaran Dana Desa untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) termasuk dalam skala prioritas dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dan merupakan salah satu program dalam skema pemulihan ekonomi nasional yang diharapkan dengan diperpanjangnya masa program BLT Dana Desa dapat meminimalkan dampak ekonomi bagi masyarakat desa yang diakibatkan oleh kondisi pandemi Covid-19.

Atas dasar tersebut Pemerintah Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman mengadakan Musyawarah Kalurahan (Musykal) Khusus dalam rangka validasi, finalisasi dan penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Tahun 2022 dan cadangan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Desa Tahun 2022 pada hari Kamis, 13 Januari 2022.

Bertempat di Aula Balai Kalurahan Wukirsari, acara Musykal tersebut dihadiri oleh Panewu Cangkringan, Lurah Wukirsari, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal), Pamong serta dari unsur Lembaga Kalurahan dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan mengingatkan kembali bahwa menurut Peraturan Presiden No. 104 Tahun 2021, Pemerintah Kalurahan diwajibkan menganggarkan Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam penanganan Covid-19 sebesar 40 persen dari Dana Desa.

“Harapan kami dari proses yang sudah kita lalui bersama ini dapat kita sepakati siapa saja yang berhak menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM)” Kata Lurah Handung.

Panewu Cangkringan Djaka Sumarsono, AP, M.Si. juga berpesan supaya dicermati bersama dalam penentuan warga yang layak menjadi Keluarga Penerima Manfaat supaya tidak timbul kecemburuan bagi masyarakat lain. Selain itu Panewu Cangkringan juga menginformasikan jika Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos untuk Tahun 2022 dihapuskan.

Acara selanjutnya diakhiri dengan pemaparan hasil validasi daftar Keluarga Penerima Manfaat oleh Jagabaya Wukirsari Nana Widyatmanto, A. Md. dan ditutup dengan penandatangan berita acara oleh Lurah, BPKal serta perwakilan unsur Lembaga dan masyarakat di Kalurahan Wukirsari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar