Pawiyatan Pamong Angkatan 53 Di Hadiri Oleh Seluruh Dukuh Kalurahan Wukirsari.

Administrator 02 Februari 2022 13:54:22 WIB

Kalurahan Wukirsari, 02 Februari 2022.

 

Dukuh se-Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman menghadiri acara Pawiyatan Pamong Angkatan 53 di Keraton Yogyakarta pada hari Rabu, 02 Februari 2022. Kegiatan tersebut akan diadakan selama 3 hari berturut-turut yakni pada tanggal 02 s.d 04 Februari 2022.

Di hari pertama kegiatan diawali dengan registrasi peserta yang bertempat di Gedung Punakawan Ragam Kriya. Kemudian dibuka oleh GKR Mangkubumi sebagai Wakil Kepala Sekolah Pawiyatan Pamong.

Dalam Kegiatan ini para 24 Dukuh dari Kalurahan Wukirsari akan dibekali dengan berbagai pengetahuan diantaranya adalah Makna Mandat UU Keistimewaan DIY, Capaian dan Implementasi Perdais Pertanahan dan Perdais Tata Ruang. Materi tersebut dibawakan oleh Kepala Dinas Pertaru DIY Paulus Y. Sumino. Selain itu Dukuh diberi pengetahuan tentang sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh KPH. Yudhahadiningrat.

Tujuan dari Pawiyatan tersebut supaya membentuk sikap mental kepamongan bagi kalangan abdi dalem kaprajan dan punakawan, agar memiliki standar pawiyatan yang berfungsi sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mewujudkan pawiyatan yang bermutu kepamongan. Materi ajar kepamongan meliputi makna tentang kekhasan Jogja-Istimewa dan penjanaran nilai-gunanya dilevel pemerintahan dan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku pelindung Pawiyatan dalam buku “Ilmu Kaweruh Pawiyatan Pamong”.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar