Dukuh se-Wukirsari Mengikuti Pawiyatan Pamong Selama Tiga Hari Di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Administrator 04 Februari 2022 11:33:42 WIB

Kalurahan Wukirsari, 04 Februari 2022.

 

 

Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan menggelar Pawiyatan Pamong yang diadakan selama 3 hari berturut-turut yakni pada tanggal 02 s.d 04 Februari 2022. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membentuk sikap mental dan meningkatkan kompetensi dasar kepamongan, dengan menghayati ciri ke-Yogyakartaan yang bersumber dari Kraton dan Kadipaten Pakualaman.

Dalam acara tersebut, Dukuh se-Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman mendapat kesempatan mengikuti Pawiyatan Pamong Angkatan 53 di Keraton Yogyakarta yang dimulai pada hari Rabu, 02 Februari 2022. Di hari pertama kegiatan diawali dengan registrasi peserta yang bertempat di Gedung Punakawan Ragam Kriya. Kemudian dibuka oleh GKR Mangkubumi sebagai Wakil Kepala Sekolah Pawiyatan Pamong.

Selama tiga hari mereka mendapatkan banyak pengetahuan diantaranya tentang UU Keistimewaan DIY, sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta, Tata Lampah dan Tata Krama hingga yang berkaitan dengan Hajad Dalem serta ilmu Pranata Mangsa.

Hari pertama, kegiatan diawali dengan registrasi peserta yang bertempat di Gedung Punakawan Ragam Kriya. Kemudian acara dibuka oleh GKR Mangkubumi sebagai Wakil Kepala Sekolah Pawiyatan Pamong. Peserta termasuk Dukuh se-Kalurahan Wukirsari langsung mendapat banyak pengetahuan di hari pertama ini, diantaranya adalah Makna Mandat UU Keistimewaan DIY, Capaian dan Implementasi Perdais Pertanahan dan Perdais Tata Ruang serta pengetahuan tentang sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh KPH. Yudhahadiningrat.

Hari kedua Pawiyatan Pamong angkatan 53, peserta sejak pagi hari masuk ke Ndalem Kraton Ngayogyakarta untuk mengikuti pelatihan materi tentang Wawasan Budaya Daerah Istimewa Yogyakart. Tidak hanya itu, peserta juga mendapat pelatihan Tata Lampah dan Tata Krama serta Hajad Dalem dan juga Pranata Mangsa  yang disampaikan oleh KRT. Rinta Iswara beserta Tim Kraton.

Sedangkan di hari ketiga, kegiatan Pawiyatan Pamong dipusatkan di Gedung Punakawan-Ragam Kriya atau di luar Kraton. Peserta diberikan materi tentang capaian-capaian Keistimewaan DIY dan Capaian Visi Misi Gubernur DIY Tahun 2017-2022 baru kemudian kegiatan ditutup oleh GKR Mangkubumi dan KPH Yudhahadiningrat. Dari kehadiran seluruh 24 Dukuh se-Kalurahan wukirsari di kegiatan tersebut, Dukuh-Dukuh terlihat sangat antusias mengikuti Pawiyatan Pamong dan diharapkan ilmu yang mereka dapat dapat ditularkan ke warganya masing-masing.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar