Gelar Tradisi Wiwitan, Warga Dusun Cancangan Bersyukur Atas Hasil Pertanian

Administrator 09 Februari 2022 11:15:48 WIB

Kalurahan Wukirsari, 09 Februari 2022.

 

Warga Dusun Cancangan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan ramai berkumpul di dekat persawahan yang berada di sebelah tenggara dusun. Mereka menggelar upacara tradisi Wiwit/Wiwitan sebagai wujud rasa syukur atas hasil pertanian yang mereka dapatkan (09/02/2022).

Tidak hanya warga Cancangan, namun acara Wiwitan tersebut dihadiri oleh Panewu Anom, Kepala Kantor Penyuluh Pertanian, Pamong Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Tokoh Masyarakat di Kalurahan.

Proses wiwitan dipimpin oleh seorang Rois atau orang yang biasa memimpin doa dalam acara-acara warga. Kemudian acara dimulai dengan membaca doa dan setelah ritual selesai dilakukan, biasanya petani membagikan makanan yang sudah disiapkan kepada warga sekitar. Setiap warga boleh mengikuti tradisi wiwitan tersebut tanpa terkecuali dan memakan makanan yang sudah disiapkan bersama-sama.

Tradisi wiwitan juga sebagai sarana warga desa menjalin hubungan silaturahmi satu dengan yang lain.

Makanan yang disajikan yaitu nasi gurih, ayam kampung, sayur nangka, krupuk, tahu tempe, teri, peyek serta jajanan pasar, telur, thonto, buah-buahan, ubi-ubian dan lain-lain.

Komentar atas Gelar Tradisi Wiwitan, Warga Dusun Cancangan Bersyukur Atas Hasil Pertanian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar