Wukirsari Dirintis Menjadi Kalurahan Berkarakter Pancasila

Administrator 24 Februari 2022 11:49:04 WIB

Kalurahan Wukirsari, 24 Februari 2022

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman bersama Pemerintah Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan melaksanakan Pendampingan Rintisan Kalurahan Berkarakter Pancasila, Kamis (24/02/22). Acara yang bertempat di Ruang Rapat Sadewa Kantor Kalurahan Wukirsari menyasar peserta dari Pamong Kalurahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta dari unsur Karang Taruna.

Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dalam merevitalisasi dan mereaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat. Revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila meliputi beberapa kegiatan yakni internalisasi nilai-nilai pancasila sejak dini dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah menjaga kerukunan antar warga masyarakat dan juga antar agama serta pembentukan forum-forum kebangsaan dan forum kemasyarakatan.

Setelah sambutan selamat datang kepada para peserta dan ucapan terimakasih kepada Kesbangpol, Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan sampai selesai. Lurah Handung berharap nantinya para peserta dapat membagian ilmu yang diberikan dari Kesbangpol sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan panduan materi dari Kesbangpol, semoga kegiatan ini berjalan lancar sehingga nantinya ilmu yang diberikan dari narasumber bisa kita bagikan kepada keluarga maupun masyarakat disekitar kita” harap Lurah Wukirsari.

Drs. H. Heri Sutopo, MM., M.Sc. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman mengatakan jika Kalurahan Wukirsari merupakan salah satu dari 13 Kalurahan di Kabupaten Sleman yang mendapatkan pendampingan dari Kesbangpol Sleman. Di depan para peserta beliau menyampaikan materi bertajuk "Konsep dan Aktualita Kalurahan Berkarakter Pancasila".

"Harapannya, menumbuhkan kesadaran nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tentang Kalurahan Berkarakter Pancasila," kata Heri Sutopo.

Sementara itu Asisten Sekertaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sleman, Aji Wulantoro, SH., M.Hum. memberikan materi bertajuk "Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila".

"Untuk aktualisasi di kehidupan sehari-hari, struktur penyelenggaraan pemerintahan dari Kalurahan sampai RT (Rukun Tetangga), setiap manusia harus dijiwai oleh nilai-nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan," Ucap Aji Wulantoro. 

Aji juga menegaskan jika karakter Pancasila banyak ditemukan dalam adat istiadat budaya masyarakat desa yang bernilai luhur. "Karakter Pancasila dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari kita dalam ekspresi keberagamaan yang mengedepankan prinsip toleransi," pungkasnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar