KPH. Purbodiningrat Sosialisasikan Pengelolaan dan Pemanfaatan Tanah Kasultanan

Administrator 01 Maret 2022 08:19:38 WIB

Kalurahan Wukirsari, 27 Februari 2022.

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat, S.E., MBA. Mengadakan acara sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Tanah Kasultanan dan Tanah Kadipaten di Aula Balai Kalurahan Wukirsari (Perdais No. 1 Tahun 2017), Minggu, 27 Februari 2022. KPH. Purbodiningrat yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Yogyakarta tersebut menjelaskan tujuan sosialisasi supaya masyarakat yang ingin memanfaatkan tanah Sultan Ground harus melalui prosedur dan harus digunakan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejah teraan masyarakat tanpa merusak lingkungan.

Dalam sambutannya, Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan berterimakasih kepada KPH. Purbodiningrat dan juga narasumber atas terlaksananya sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Tanah Kasultanan dan Tanah Kadipaten. Beliau juga meminta para peserta undangan nantinya dapat menyampaikan informasi tentang sosialisasi kepada warga yang lain.

Setelah itu, materi sosialisasi disampaikan oleh Suyitno, S.H., M.S. Anggota Parampara Praja Gubermur DIY. Suyitno yang juga sebagai Pakar Pertanahan UGM tersebut menguraikan sejarah keberadaan Tanah Kasultanan/Kadipaten di DIY. Bahwa Tanah Kasultanan/Kadipaten merupakan salah satu unsur keistimewaan di DIY, dari sisi hukum pertanahan ada peralihan yakni pada zaman dahulu berdasarkan hukum adat sekarang beralih berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Selain mengadakan sosialisasi, di kesempatan yang sama KPH. Purbodiningrat juga memberikan paket sembako kepada peserta acara. Paket sembako diberikan secara simbolik oleh  suami Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Maduretno, putri ketiga Sri Sultan HB X tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar