Dukung Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat Pendidikan Yang Layak, Disdikpora DIY Laksanakan Advokasi

Administrator 22 Maret 2022 13:31:30 WIB

Kalurahan Wukirsari, 22 Maret 2022.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora) melaksanakan kegiatan Advokasi Pendidikan Berkebutuhan Khusus Tahun 2022 yang bertempat di Aula Balai Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan (22/02/22). Acara ini di hadiri oleh Widya Prada Ahli Muda Suryanto, S.Pd., M.Pd, Carik Wukirsari H. Ruswantoro, SE., M. IP., Dukuh se-Kalurahan Wukirsari, Kepala Sekolah Dasar di Wukirsari serta Wali Murid Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Acara diawali sambutan oleh Carik Wukirsari H. Ruswantoro, SE., M. IP. mewakili Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan sekaligus membuka acara Advokasi Pendidikan Berkebutuhan Khusus tersebut.

“Sesuai Undang Undang Dasar UUD 1945 Pasal 5 bahwa setiap anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan,dengan demikian ABK juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak”, papar H. Ruswantoro, SE., M. IP. Pasal ini mengamanatkan bahwa semua warga negara, termasuk anak-anak yang memiliki keterbatasan atau yang berada dalam kondisi kurang beruntung, berhak mendapatkan pendidikan, terutama pendidikan Sekolah Dasar. Beliau menambahkan, sebagai garda terdepan kita semua harus mendampingi anak-anak berkebutuhan khusus tersebut.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang peningkatan akses dan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus dan bentuk pelayanan dan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus oleh Widya Prada Ahli Muda Suryanto, S.Pd., M.Pd.

“Di sisi kekurangannya ternyata banyak potensi yang luar biasa sehingga nantinya bisa mandiri secara ekonomi, sosial budaya dan diharapkan ke depan semua sekolah sudah bisa menjadi sekolah inklusif,” Ungkap Suryanto, S.Pd., M.Pd.

Sementara itu Tri Winarsih, M.Psi. dari Pusat Layanan Autis (PLA) memberikat materi tentang pengenalan karakteristik dan assesment anak berkebutuhan khusus. Dalam pemaparannya Tri Winarsih, M.Psi. berharap kedepannya para penyandang disabilitas dapat mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pekerjaan.

Dalam acara tersebut juga menampilkan pentas kesenian dari murid-murid Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Sleman, diantaranya adalah Seni Tari, Fashion Show serta menyanyi dan menampilkan produk-produk karya ABK seperti aneka makanan dan minuman juga kerajinan tangan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar