Bhabinkamtibmas Wukirsari Ajak Warga Untuk Tidak Menyebut Kejahatan Jalanan Dengan Istilah “Klitih”

Administrator 07 April 2022 10:46:49 WIB

Kalurahan Wukirsari, 07 April 2022.

Akhir-akhir ini kejahatan di jalanan yang sering disebut “Klitih” mulai menyeruak lagi di wilayah Yogyakarta. Sebenarnya istilah “Klitih” dimaknai sebagai kegiatan untuk jalan-jalan ataupun keliling kota tanpa tujuan yang jelas untuk mengisi waktu luang dan bermakna netral. Namun, makna itu belakangan ini berubah menjadi negative yaitu sebagai aksi kekerasan jalanan yang sering menimbulkan korban jiwa.

Menanggapi hal tersebut, Aipda Pitra Bhabinkamtibmas Wukirsari dalam rapat Koordinasi Dukuh yang dihadiri Lurah, Carik, Pamong serta Dukuh dari 24 Padukuhan di Wukirsari mengajak seluruh masyarakat melalui Dukuh supaya mengganti istilah "Klitih" untuk kegiatan yang meresahkan masyarakat di jalanan (06/04/2022).

Aipda Pitra memberitahukan jika istilah “Klitih” tersebut diluruskan menjadi "kejahatan Jalanan" karena meskipun pelaku kebanyakan masih di bawah umur namun sudah tergolong tindakan kriminal yang merugikan masyarakat bahkan sampai menelan korban jiwa. Beliau menambahkan jika warga jangan segan untuk meminta bantuan kepada Polisi melalui Nomor Call Center Polri 110 yang siap melayani 24 jam secara Gratis.

“Kontrol keberadaan anak pukul 22.00 WIB keatas dan saat menjelang sahur maupun setelah sahur” jelas Bhabinkamtibmas Wukirsari.

Bhabinkamtibmas Wukirsari juga meminta Dukuh supaya mensosialisasikan kepada warganya agar selalu mengontrol keberadaan anak mulai pukul 22.00 WIB keatas dan saat menjelang sahur maupun setelah sahur.

Lebih lanjut, beliau juga meminta untuk tidak ada yang membunyikan petasan baik pabrikan maupun rakitan seperti “Meriam Spirtus” supaya tidak mengganggu ketenangan warga terlebih yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Selamat menjalankan ibadah puasa penuhi masjid dan mushola untuk beribadah dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan” pungkas Aipda Pitra.

Komentar atas Bhabinkamtibmas Wukirsari Ajak Warga Untuk Tidak Menyebut Kejahatan Jalanan Dengan Istilah “Klitih”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar