TPST Piyungan Ditutup, Tumpukan Sampah Di Huntap Semakin Banyak

Administrator 11 Mei 2022 13:36:05 WIB

  • Kalurahan Wukirsari, 11 Mei 2022.

Penutupan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, menyebabkan tumpukan sampah di beberapa wilayah di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan. Salah satu yang terdampak penutupan TPST Piyungan adalah Hunian Tetap (Huntap) Dongkelsari yang di tempati oleh warga Dusun Gungan dan Srodokan.

“Biasanya setiap hari Senin dan Kamis truk Dinas Lingkungan Hidup mengambil sampah di Huntap Dongkelsari namun sudah dari sebelum Idul Fitri belum diambil” ungkap salah satu warga.

Wargapun mulai mengeluhkan jika lokasi tempat pembuangan sampah sementara sudah membeludak dan mulai menimbulkan bau. Bau yang ditimbulkan tentunya mengganggu pemukiman yang berada disekitarnya. Selain itu mereka juga khawatir jika nantinya menimbulkan masalah kesehatan.

“Kami harap ada solusi di tingkat dusun untuk menyikapi membeludaknya sampah di Huntap sebelum nanti terjadi suatu permasalahan” kata Anwar Shidqi ketua RT 02 Dusun Srodokan.

Menyikapi hal tersebut, Heri Wibowo Selaku ketua RW 39 berharap sesegera mungkin ada musyawarah antar warga untuk menanggulangi permasalahan itu.

“Salah satu solusi untuk sementara warga dihimbau untuk bisa mengelola dan memilah sampah secara mandiri. Sampah organik karena dapat terurai bisa di buang di kebun masing-masing yang jauh dari pemukiman, kemudian sampah non organik bisa di kumpulkan terlebih dulu” jelasnya.

Sementara itu, Dukuh Padukuhan Gungan Totok Hartanto sudah melakukan koordinasi dengan pengurus sampah di Huntap Dongkelsari yang hasilnya akan segera di beritahukan kepada warga.

“Untuk permasalahan Sampah kita akan cari alternatif lain, rencananya, hari kamis besuk kita akan mulai melakukan gotong royong untuk memilah sampah yang berada di tempat pembuangan sampah huntap dan sampah yang bisa teruai akan kita buang di beberapa titik di “Dusun Lama” agar baunya tidak mengganggu” terang Dukuh Gungan.

Komentar atas TPST Piyungan Ditutup, Tumpukan Sampah Di Huntap Semakin Banyak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar