Informasi Peringatan Dini Hujan Lebat Dan Kejadian Awan Panas Merapi Dini Hari Tadi

Administrator 19 Mei 2022 09:41:18 WIB

Kalurahan Wukirsari, 19 Mei 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca extreme yang terjadi di Indonesia. BMKG memprediksi 19 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang termasuk salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena dampak dari potensi hujan lebat, beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jawa Tengah juga berada dalam kategori "Waspada" terhadap bencana hidrometeorologi seperti Genangan, Banjir, Banjir Bandang, dll.

Selain BMKG, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga merilis laporan kejadian awan panas guguran Gunung Merapi yang terjadi tanggal 19 Mei 2022 pukul 01.59 WIB. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 42 mm dan durasi 181 detik dengan jarak luncur 2.500 m ke arah barat daya.

Informasi diatas kami tulis berdasarkan dari sumber resmi BMKG dan BPPTKG untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya kesiapsiagaan. Di rangkum dari berbagai sumber, kesiapsiagaan merupakan salah satu bagian dari proses manajemen bencana, sedangkan kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna. peningkatan kesiapsiagaan merupakan salah satu elemen penting dari kegiatan pengurangan risiko bencana yang bersifat pro-aktif, sebelum terjadinya bencana.

Faktor penting yang menghubungkan antara tahap kesiapsiagaan dan tanggap darurat adalah Sistem peringatan dini (early warning system). Sistem peringatan dini menjadi bagian penting dari mekanisme kesiapsiagaan masyarakat karena secara teoritis bila peringatan dini disampaikan tepat waktu, dapat mengantisipasi ancaman bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka, maupun kerusakan infrastruktur.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar