Rapat Koordinasi Dukuh Se-Kalurahan Wukirsari Bahas Program KKN Hingga Ketahanan Pangan.

Administrator 25 Mei 2022 12:33:31 WIB

Kalurahan Wukirsari, 25 Mei 2022.

Pemerintah Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan mengadakan rapat rutin koordinasi untuk Dukuh se-Kalurahan Wukirsari. Acara rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Sadewa Kantor Kalurahan Wukirsari dan dipimpin langsung oleh Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan (25/05/22). Selain Dukuh dari 24 Padukuhan, Rakor juga dihadiri oleh Ulu-ulu, Jagabaya, serta Kamituwa Wukirsari.

Dalam acara tersebut Lurah Handung menyampaikan informasi serta membahas beberapa hal terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Informasi tentang akan dilaksanakannya kegiatan yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dijelaskan oleh Slamet Raharja selaku Ulu-ulu Wukirsari. Disamping Kegiatan yang berkaitan dengan BKK, Program Ketahanan Pangan dibahas dalam rapat koordinasi Dukuh.

Pengertian ketahanan pangan, tidak lepas dari UU No. 18/2012 tentang Pangan. Disebutkan dalam UU tersebut bahwa Ketahanan Pangan adalah “kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan”. Program kegiatan penguatan ketahanan pangan juga diatur melalui Perpres 104 Tahun 2021 bahwa 20% Dana Desa digunakan untuk program ketahanan pangan dan hewani.

Di Kesempatan yang sama, Jagabaya Wukirsari Nana Widiyatmanto, A.Md menyampaikan jika akan ada Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di wilayah Wukirsari. Untuk itu Jagabaya Wukirsari meminta kepada Dukuh yang bersedia ditempati kegiataan KKN supaya menyiapkan program untuk para Mahasiswa KKN tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar