TPPS Wukirsari Dan Puskesmas Cangkringan Laksanakan Kegiatan Validasi Data Balita

Administrator 02 Juni 2022 10:53:29 WIB

Kalurahan Wukirsari, 02 Juni 2022.

Puskesmas Cangkringan bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kalurahan Wukirsari melaksanakan kegiatan Validasi data balita di Aula Utama Balai Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Kamis, (02/06/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengetahui status gizi Balita. Tujuannya, mendeteksi dini terjadinya masalah kekurangan gizi pada Balita sehingga dapat segera ditangani oleh tenaga kesehatan.

Dalam kegiatan ini selain melakukan validasi data juga dilakukan serangkaian kegiatan, diantaranya; penimbangan  berat badan, pengukuran tinggi badan, Pemberian makanan tambahan (PMT), vitamin serta layanan konseling.

Menurut Margini selaku ketua kegiatan validasi data balita di Kalurahan Wukirsari, pada hari ini menargetkan 43 Balita, dan kegiatan yang sama akan dilanjutkan besuk pagi di Aula Kalurahan Wukirsari.

Sebagai tambahan informasi, Pengertian Stunting menurut Kementrian Kesehatan yaitu masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya.

Seorang anak yang bertahan dengan kondisi ini, cenderung memiliki kemampuan belajar yang rendah dan lebih rentan terhadap penyakit. Penyebabnya bisa beraneka macam yaitu seperti Asupan Nutrisi Ibu, Kurangnya Asupan Makanan Sehat dan Bergizi sebagai Makanan Pendamping ASI, Kebersihan Lingkungan serta pola asuh  yang kurang baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar