Malam Tirakatan Dan Doa Bersama Awali Pembukaan Gelar Potensi dan Kantong Budaya Kalurahan Wukirsari

Administrator 20 Juni 2022 12:34:31 WIB

Kalurahan Wukirsari, 18 Juni 2022.

Pemerintah Kalurahan Wukirsari mengadakan Tirakatan dan Doa Bersama untuk mengawali acara Gelar Potensi dan Kantong Budaya di Bumi Perkemahan Tanggalsari, Dusun Gungan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Jumat (17/6/22).

Acara dihadiri oleh Lurah Wukirsari dan seluruh Pamong serta perwakilan warga setempat. Malam Tirakatan juga dimeriahkan dengan kesenian Laras Madya “Sedya Laras” dari Dusun Geblog Padukuhan Cakran serta diisi pengajian dan doa bersama oleh Drs Suharna, M. Si.

Dalam sambutannya, Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan berharap acara berjalan dengan lancar serta memberikan manfaat khususnya untuk warga sekitar bumi perkemahan.

Joko Kurniawan selaku panitia kegiatan, menjelaskan makna “Ngrumat Budaya, Ngrawat Jagad”. Beliau menjelaskan maksud dari “Ngrumat Budaya” yaitu dengan kegiatan ini panitia mengajak seluruh warga  untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya yang sudah ada, sedangkan “Ngrawat Jagad” adalah usaha untuk merawat alam, menciptakan keharmonisan dengan alam sehingga mewujudkan semboyan “hidup nyaman bersama ancaman”. Tema “Ngrumat Budaya, Ngrawat Jagad” merupakan penggabungan atau korelasi antara budaya kearifan lokal dengan mitigasi bencana.

Drs Suharna, M. Si. kemudian memberikan tauziah mengenai budaya yang dilihat dari sudut pandang agama Islam. Beliau mengatakan, selama budaya tidak bertentangan dengan syariat maka boleh dilakukan. Suharno yang juga Pimpinan Panti Asuhan “Al Hikmah” Dusun Plupuh tersebut juga menjelaskan budaya dapat sebagai syiar agama seperti melalui syair tembang dan lain-lain.

Tirakatan dan Doa Bersama ditutup dengan doa yang dipimpin Drs Suharna, M. Si. kemudian pemotongan tumpeng oleh Handung Tri Rahmawan selaku Lurah Wukirsari yang diberikan kepada Jaka Kurniawan selaku Ketua Panitia.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar