Gelar Potensi Dan Kantong Budaya Kalurahan Wukirsari

Administrator 20 Juni 2022 13:55:32 WIB

Kalurahan Wukirsari, 18 Juni 2022.

Dinas Kebudayaan “Kundho Kabudayan” Kabupaten Sleman bersama Pemerintah Kalurahan Wukirsari menyelenggarakan Gelar Potensi dan Kantong Budaya di Bumi Perkemahan Tanggalsari, Dusun Gungan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Sabtu (18/6/22). Dalam kegiatan ini, panitia mengambil tema “Ngrumat Budaya, Ngrawat Jagad” yang menggabungkan antara budaya kearifan lokal dengan mitigasi bencana.

Rangkaian acara Gelar Potensi dan Kantong Budaya diawali dengan malam Tirakatan dan Doa Bersama pada hari Jum’at malam (17/6) yang dihadiri oleh Lurah Wukirsari dan seluruh Pamong serta perwakilan warga setempat. Malam Tirakatan dimeriahkan dengan kesenian Laras Madya “Sedya Laras” dari Dusun Geblog Padukuhan Cakran serta diisi pengajian dan doa bersama oleh Drs Suharna, M. Si.

Pada hari Sabtu, kegiatan dimulai dengan Senam Masal pada pukul 07.30 WIB dan pembagian doorprize serta dilanjutkan dengan Karawitan “Cakra Kembang” dari Dusun Cakran. Bekerja sama dengan Forkom UMKM Cangkringan, dalam acara tersebut juga menampilkan berbagai macam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Wukirsari.

Sementara itu di Waroeng Rebyoek yang tidak jauh dari lokasi Bumi Perkemahan Tanggalsari diselenggarakan acara Sarasehan yang masih masuk dalam rangkaian acara Gelar Potensi Budaya tersebut.

Masih dengan tema yang sama yaitu “Ngrumat Budaya, Ngrawat Jagad”, sarasehan dihadiri oleh Panewu Anom Cangkringan Joko Susilo, SP, M.Si., Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan serta perwakilan dari kelompok kesenian dan pelaku kesenian di Kalurahan Wukirsari. Narasumber sarasehan di isi oleh Eko Ferianto selaku Kepala Bidang Adat Tradisi Budaya Lembaga dan Seni Kabupaten Sleman serta Subandrio dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara Gelar Potensi dan Kantong Budaya di Bumi Perkemahan Tanggalsari ditutup dengan pentas Kesenian Jathilan “Turonggo Mudho Tri Manunggal” dari Dusun Gungan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar