Musyawarah Kalurahan, Transformasi UPK Eks PNPM Perdesaan Menjadi BUMKalMa

Administrator 07 Juli 2022 12:37:29 WIB

Kalurahan Wukirsari, 07 Juli 2022.

Pemerintah Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan melaksanakan Musyawarah Kalurahan Sosialisasi Transformasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Eks PNPM Mandiri menjadi Badan Usaha milik Kalurahan Bersama di Aula Utama Balai Kalurahan Wukirsari, pada Kamis 07/07/22). 

Kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasi, dan pembahasan Rancangan Peraturan Kalurahan tentang Kerjasama Antar Kalurahan Dalam Rangka Pembentukan Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan Menjadi Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama.

Musyawarah Kalurahan ini dihadiri oleh Panewu Anom beserta Kepala Jawatan Praja dan Kemakmuran Kapanewon Cangkringan, Badan Kerjasama Antar Kalurahan (BKAK), Pendamping Desa, UPK Kapanewon Cangkringan, Bamuskal Wukirsari, dan Lurah Wukirsari beserta jajarannya.

Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan menyampaikan jika kegiatan musyawarah tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2021, Peraturan Menteri Desa PDDT No 15 Tahun 2021 serta Surat Edaran Gubernur N0 412/24880 dan Surat Edaran Gubernur N0 13 Tahun 2022 tentang percepatan Percepatan Pembentukan Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat (DBM) Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM Mpd) menjadi Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKALMA).

“Semoga dengan perubahan tersebut nantinya semakin memberikan manfaat kepada masyarakat, serta dapat meningkatkan pemberdayaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.” Kata Lurah Handung.

Ketua Badan Musyawarah Kalurahan Wukirsari H. Tuyahmin S. Ag. menyambut positif kegiatan tersebut. H. Tuyahmin berharap nantinya dengan adannya Bumkalma bisa memberikan nilai tambah dalam anggaran yang diselenggarakan oleh Kalurahan Wukirsari.

Kemudian Joko Susilo, SP, M.Si. selaku Panewu Anom Cangkringan dalam acara musyawarah tersebut memberikan sambutan serta pengarahan. Beliau menjelaskan jika pelaku UPK dpaat mengembangkan unit usaha yang baik nantinya dapat memeberikan keuntungan bagi usaha tersebut.

“Usaha yang berkembang baik akan memberikan profit kepada kalurahan yang akan masuk kedalam Pendapatan Asli Kalurahan. Hasil Pendapatan Asli Kalurahan  dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat” pungkas Panewu Anom Cangkringan.

Sementara itu Ketua UPK Cangkringan Abdul Hamid menambahkan, dengan transformasi tersebut aset dari eks PNPM yang menjadi BUMKALMA ini agar pemanfaatannya tetap berkelanjutan. Beliau berharap setelah ini Bumkalma bisa lrbih mendatangkan kemanfaatan yang besar di masyarakat.

Oleh karena itu transformasi ini sangat mendukung dan diharapkan Bumkalma dapat berkembang dengan unit-unit usaha lainya, sehingga memberikan penghasilan tambahan untuk Pemerintah Kalurahan maupun memberikan manfaat untuk masyarakat dalam bentuk bantuan sosial.

Komentar atas Musyawarah Kalurahan, Transformasi UPK Eks PNPM Perdesaan Menjadi BUMKalMa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar