Meskipun Ada Perbedaan Hari Raya, Wukirsari Tetap Damai Merayakan Idul Adha

Administrator 11 Juli 2022 11:41:30 WIB

Kalurahan Wukirsari 10 Juli 2022.

Pelaksanaan Idul Adha 1443 H atau 2022 M terjadi perbedaan di berbagai wilayah di Indonesia, Pemerintah menetapkan pada, Ahad 10 Juli namun sebagian masyarakat ada yang merayakan 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Sabtu, 9 Juli. Perbedaan tersebut tentunya bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan karena perbedaan merupakan sunatullah.

Beberapa Padukuhan di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan memiliki berbagai cara dalam menyikapi perbedaan. Seperti yang dilakukan oleh Padukuhan Gungan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan dalam menyikapi perbedaan Hari Raya Idul Adha 1443 H. Dukuh Gungan bersama Takmir Masjid Al Hidayah Dongkelsari mengakomodir jamaah yang pelaksanaan Salat Idul Adha pada tanggal 9 Juli untuk mengikuti shalat ied di Lapangan Watuadeg, sedangkan bagi warga yang melaksanakan shalat ied tanggal 10 Juli bertempat di Masjid Al Hidayah Huntap Dongkelsari.

Hal serupa dilakukan oleh masyarakat Wukirsari di sebelah timur, seperti yang diutarakan oleh Yudi Anthoni selaku Dukuh Cakran. Dalam pelaksanakan Shalat ied di Lapangan Cakra Kembang mengambil tema “Damai Wukirsari Timur”. Menurut Dukuh Cakran, tema “Damai Wukirsari Timur” dimaksudkan supaya warga masyarakat tidak perlu mempermasalahakan tentang perbedaan perayaan Idul Adha. Dalam shalat ied di Lapangan Cakra Kembang tersebut dihadiri warga dari Padukuhan Cakran, Padukuhan Salam, Padukuhan Duwet serta Padukuhan Gungan yang melaksanakan Idul Adha pada tanggal 9 Juli 2022.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar