Percepat Proses Pelaksanaan Qurban, Panitia Qurban Dusun Geblog Gunakan Katrol Dan Gergaji Listrik

Administrator 11 Juli 2022 12:22:42 WIB

Percepat Proses Pelaksanaan Qurban, Panitia Qurban Dusun Geblog Gunakan Katrol Dan Gergaji Listrik

Kalurahan Wukirsari, 09 Juli 2022.

Hari Raya Idul Adha 1443H, Warga Dusun Geblog Padukuhan Cakran sembelih sebanyak 10 hewan kurban, dengan rincian 7 ekor sapi, dan 3 ekor kambing, Sabtu (09/07/2022). Pelaksanaan penyembelihan dilakukan di halaman masjid Ussisa ‘Alat Taqwa Dusun Geblog, Padukuhan Cakran, Kalurahan Wukirsari, Kapnewon Cangkringan.

Sejak pagi, peserta kurban, panita, telah berkumpul mempersiapkan perlengkapan serta peralatan pemotongan sapi dan kambing, untuk bersama-sama bergotong royong melaksanakan ibadah kurban. Pelaksanaan proses pemotongan sapi dan kambing berjalan lancar tanpa hambatan, satu persatu hewan kurban di potong dan dikuliti kemudian dicincang-cincang menjadi bagian kecil dan dimasukkan ke dalam kantong untuk dibagikan kepada warga.

Ada yang sedikit berbeda dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban disini, yaitu panitia menggunakan katrol untuk proses kelet dan pengambilan daging hewan kurban khususnya sapi. Penggunakan katrol dimaksudkan untuk memudahkan dan meringankan panitia karena beratnya sapi yang menjadi hewan kurban. Selain itu panitia juga menggunakan gergaji listrik untuk mencacah tulang supaya prosesnya lebih cepat dari pada menggunakan golok dan sebagainya.

Yudi Anthoni selaku Dukuh Cakran mengatakan, meskipun ada perbedaan pelaksanaan hari raya Idul Adha, warga masyarakat tidak mempermasalahkan hal tersebut. Proses penyembelihan hewan kurban juga berjalan dengan lancar serta bisa langsung di distribusikan ke seluruh warga Dusun Geblog, Padukuhan Cakran.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar