Dinas KUKM Sleman Adakan Bimtek Untuk Bumdes Dan Lembaga Kalurahan Wukirsari

Administrator 25 Juli 2022 13:31:55 WIB

Kalurahan Wukirsari, 25 Juni 2022.

Badan Usaha Milik Desa/Kalurahan (BUMDes/Kal) adalah sebuah lembaga ekonomi yang menganut asas mandiri. BUMDes dibangun untuk mengelola potensi yang ada di Kalurahan secara kolektif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Badan Usaha Milik Desa juga menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru yang ada di perdesaan.

Maka dari itu Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pengelola Usaha dan Anggota Bumdes untuk Kalurahan Wukirsari. Kegiatan bertempat di The Alana Yogyakarta serta diikuti oleh Lurah, BPKal, anggota Bumdes serta perwakilan dari Lembaga Kalurahan lainnya.

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Seksi Pengembangan Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Sleman Sri Wahyuni Budiningsih. Selanjutnya dilanjutkan dengan arahan dari Panewu Cangkringan Djaka Sumarsoni, A. P., M. Si. Panewu Cangkringan berharap kedepan Bumkal semakin berkembang dan setelah mempunyai legalitas yang sudah diakui, Bumkal dapat bekerja sama dengan beberapa kementrian.

Sementara itu, Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan menyampaikan jika Pemerintah Kalurahan Wukirsari siap mendukung dan selalu berusaha memajukan Wukirsari untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui Bumkal.

Di hari pertama, Bimbingan Teknis diisi dengan materi Kelembagaan Bumdes oleh Rudy Suryanto, SE., M. Acc., Ak., CA. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dilanjutkan dengan materi Pentalogi Revitalisasi BUM Desa pasca PP 11 Tahun 2021 oleh Fandi Gilang Wicaksana dari P. T. Syncore Indonesia.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar