MASALAH DAN ISU STRATEGIS KALURAHAN

Administrator 07 April 2021 16:30:03 WIB

Masalah

 

  1. Metode Identifikasi

Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan Wukirsari didasarkan pada permasalahan yang ada di Kalurahan ini. Oleh karena itu dalam pengidentifikasian/penggalian permasalahan dilakukan melalui berbagai metode sebagai berikut :

 

  1. Sketsa Kalurahan

Sketsa Kalurahan adalah gambaran keadaan Kalurahan Wukirsari secara umum mengenai keadaan sumber daya fisik baik alam maupun buatan. Sebagai kajian Sketsa Kalurahan adalah alat untuk menggali masalah yang berhubungan dengan keadaan sumber daya pembangunan dan potensi yang tersedia untuk mengatasi masalah. Tujuan dari pengkajian keadaan Kalurahan ini adalah menyadari akan jenis, jumlah, dan mutu sumber daya Kalurahan; menyadari cara, pola dan tingkat pemanfaatan setiap sumber daya dan masalah-masalah yang dihadapi; dapat mengenali masalah yang sesuai dengan keadaan Kalurahan; dapat menggali potensi untuk pemecahan masalah dan dapat menyamakan persepsi tentang masalah yang dihadapi. Selain itu melalui peta dapat dikaji mengenai dampak dari posisi geografis Kalurahan misalnya terkait dengan aksesibilitas.

 

  1. Kalender Musim

Kalender musim Kalurahan merupakan salah satu metode untuk menggali potensi dan masalah Kalurahan khususnya yang terkait dengan masalah yang terjadi pada musim tertentu. Dengan adanya  kalender musim diharapkan masalah-masalah yang ada di Kalurahan pada suatu musim tertentu akan bisa terungkap sehingga bisa dicari alternatif pemecahan masalah yang tepat dan sesuai sasaran mengacu pada potensi Kalurahan yang ada agar potensi tersebut pada akhirnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah yang ada di Kalurahan tersebut. Pada penyusunan RPJM Kalurahan Wukirsari ini pada tabel kalender musim tanda bintang menunjukkan seberapa kuat intensitas masalah tersebut terjadi pada suatu bulan tertentu. Semakin banyak bintang menunjukkan semakin tinggi tingkat intensitas masalah tersebut terjadi pada bulan tertentu. Bila pada bulan lainnya tidak terdapat tanda bintang, hal itu menunjukkan masalah itu tidak terjadi pada bulan tersebut.

 

  1. Bagan Kelembagaan

Bagan Kelembagaan adalah suatu gambaran keadaan peranan atau manfaat lembaga Kalurahan dan masyarakat. Sebagai kajian bagan kelambagaan merupakan alat untuk menggali masalah masalah yang berhubungan dengan peranan atau manfaat lembaga-lembaga di Kalurahan bagi masyarakat dan potensi yang tersedia untuk mengatasi masalah. Adapun tujuannya adalah : mengetahui lembaga-lembaga yang ada di Kalurahan; mengetahui komposisi/ susunan pria dan wanita yang aktif di lembaga Kalurahan; mengetahui besarnya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat; mengetahui sering tidaknya terjadi hubungan antara lembaga-lembaga di Kalurahan dengan masyarakat.

 

  1. Permasalahan
  2. Permasalahan dari Sketsa Kalurahan

 

Pada penyusunan rencana pembangunan jangka menengah Kalurahan Wukirsari ini dilakukan penggalian masalah melalui Sketsa Kalurahan. Dari Sketsa Kalurahan yang dilakukan didapatkan gambaran kondisi Kalurahan Wukirsari beserta permasalahannya. Untuk lebih jelasnya hasil dari Sketsa Kalurahan dapat dilihat pada tabel berikut:

 

Tabel Sketsa  Kalurahan

 

 

 

 

Utara

 

Selatan

 

Barat

 

Timur

 

Jenis Tanah

 

Entisol

 

Entisol

 

Entisol

 

Entisol

Penggunaan Lahan

Tegalan

Pemukiman

Hutan Rakyat

Sawah, Perikanan,

Peternakan

Pemukiman

Tegalan

Sawah

Pemukiman

Rumah Makan

Tegalan

Pemukiman

Hasil Produksi

Tanaman keras

Padi, Sayuran, Ikan, Ternak

Bambu,

Tanaman Keras

Ekowisata

 

Galian C

Buah-buahan

Tanaman keras

Jenis Tanaman

Bambu, tanaman kayu keras, semak belukar

Padi, Sayur, Tembakau, Holtikultura.

Tanaman pangan, tanaman sayuran, Tanaman buah-buahan, bamboo

Mahoni, Sengon, Mindi, Buah-Buahan, Ketela

Permasalahan

Banyak lahan tandus

Banyak Saluran Irigasi rusak.

Dam/Bendung Rusak

Banyak lahan tandus, Saluran irigasi belum permanent, belum ada penataan ruang.

Lereng Sungai longsor

Jalan Belum diperkeras,

Kesadaran penanggulanganbencana kurang

 

  1. Permasalahan Dari Kalender Musim

Pada penyusunan RPJM Kalurahan Wukirsari ini pada tabel kalender musim tanda bintang menunjukkan seberapa kuat intensitas masalah tersebut terjadi pada suatu bulan tertentu. Semakin banyak bintang menunjukkan semakin tinggi tingkat intensitas masalah tersebut terjadi. Bila pada bulan lainnya tidak terdapat tanda bintang, hal itu menunjukkan masalah itu tidak terjadi pada bulan tersebut.

Tabel 3.6

Kalender Musim

Kalurahan Wukirsari

No

Masalah Kegiatan Keadaan

Panca Roba

Musim Kemarau

Musim Penghujan

Mar

Apr

Mei

Jun

Jul

Ags

Spt

Okt

Nov

Des

Jan

Feb

1

Debit air dari mata air menyusut drastis.

-

-

*

**

***

**

*

 

-

-

-

-

2

Air untuk irigasi sangat kurang

-

-

 

-

-

***

**

*

-

-

-

-

-

4

Hasil panen Padi  sering gagal

-

-

-

***

-

-

-

*

-

-

-

-

 

6

Tanaman Holtikultura busuk di pohon

 

 

 

 

 

 

 

 

**

***

 

 

6

DAS rawan lahar dingin

-

-

-

-

-

-

-

-

-

*

**

***

7

Berkembangnya bibit penyakit dan serangga yang merugikan manusia dan dapat menimbulkan penyakit

*

**

***

-

-

-

-

*

*

*

**

***

8

Menurunnya kualitas pakan ternak yang berasal dari tumbuhan karena kekurangan suplai air

-

-

-

*

***

**

*

*

-

-

-

-

9

Kurangnya suplai air untuk pemeliharaan perikanan air tawar

-

-

-

*

***

**

*

*

-

-

-

-

10

Kurangnya sanitasi lingkungan, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan

-

-

-

-

-

 

 

 

 

 

-

-

-

*

**

***

**

11

Banyak Terjadi perselisihan pembagian air untuk irigasi

 

 

 

*

***

**

*

*

 

 

 

 

12

Sumur mengering

 

 

 

*

***

**

*

*

 

 

 

 

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa ada beberapa masalah yang timbul terkait dengan adanya musim baik itu musim kemarau, musim penghujan, maupun musim pancaroba. Masalahnya antara lain adalah sebagai berikut : Menyusutnya debit air pada musim kemarau. Menyusutnya air disebabkan karena rendahnya intensitas curah hujan pada musim kemarau. Akibatnya pada musim kemarau air untuk irigasi sangat kurang. Hal tersebut  berpengaruh pada sektor pertanian karena air sangat dibutuhkan untuk pengairan sawah. Selain itu kekeringan menyebabkan tanah sulit untuk ditanami.

 

Disamping itu karena minimnya suplai air pada musim kemarau untuk tanaman pertanian, hal itu menyebabkan sering terjadinya kemerosotan hasil panen pada musim kemarau dan jika suda sampai pada level yang sangat parah bisa terjadi kegagalan panen.  Kualitas pakan ternak yang berasal dari tumbuhan juga menurun pada muaim kemarau karena kekurangan suplai air.

Sektor perikanan pun tidak lepas dari masalah keterbatasan air ketika musim kemarau. Akibatnya pada musim kemarau terjadi kurangnya suplai air untuk pemeliharaan perikanan air tawar.

Dari hasil kalender musim tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa masalah yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun adalah :

Tabel 3.7

Daftar Masalah

Kalender Musim

No

Masalah

1

Debit air menyusut drastis

2

Berkurangnya air untuk irigasi

3

Kekeringan menimbulkan tanah sulit untuk ditanami

4

Pada musim kemarau hasil panen padi sering gagal.

5

Tanaman Holtikultura busuk di pohon

6

DAS Gendol rawan lahar dingin

7

Berkembangnya bibit penyakit dan serangga yang merugikan manusia dan dapat menimbulkan penyakit saat pancaroba

8

Menurunnya kualitas pakan ternak yang berasal dari tumbuhan karena kekurangan suplai air pada musim kemarau

9

Kurangnya suplai air untuk pemeliharaan perikanan air tawar pada musim kemarau

10

Kurangnya sanitasi lingkungan, sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan pada musim penghujan

11

Banyak Terjadi perselisihan pembagian air untuk irigasi

12

Sumur mengering

Kebanyakan masalah pada musim kemarau terkait pada kurangnya air baik untuk kegiatan di sektor pertanian dan perikanan. Kurangnya air untuk pertanian kadang  menyebabkan gagal panen atau jumlah panenan yang merosot baik panen dibidang pertanian maupun perikanan.   Untuk sektor pertanian, hal itu terjadi karena debit air untuk irigasi sangat terbatas sehingga pada musim kemarau sawah sulit untuk ditanami tanaman pertanian sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut ditanami tanaman palawija yang kebutuhan airnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman pertanian lainnya. Musim kemarau juga menyebabkan menurunnya kualitas pakan ternak yang berasal dari tumbuhan karena kekurangan suplai air.

 

Pada musim penghujan sebagian daerah mengalami rawan bencana alam khususnya di DAS sungai Gendol, DAS Sungai Opak, DAS Sungai Kuning yakni di Dusun Ngepringan, Gondang, Gungan, Salam, Ngemplak, Karang Pakis.

 

  1. Permasalahan Kelembagaan

 

Gambar 3.1

Bagan Kelembagaan

 

Dari bagan kelembagaan diatas didapatkan berbagai masalah yaitu :

Tabel 3.8

Masalah Kelembagaan

No

Lembaga

Masalah

1

Pemerintah Kalurahan

Administrasi pemerintahan kurang tertib, Kurangnya sosialisasi program kepada masyarakat,Lemahnya pemahaman Perangkat Kalurahan tentang Tugas Pokok Dan Fungsi (Tupoksi)

2

BPK

Penyerapan aspirasi anggota masih berorientasi dusun/wilayah tempat tingal masing-masing.

3

LPMK

Komunikasi antar pengurus maupun dengan Pemerintah Kalurahan belum terbangun baik

4

PKK

Kekurangan biaya kegiatan

5

Karang Taruna

Koordinasi pengurus masih sangat kurang, Realisasi program belum maksimal

6

Gakin

Kegiatan belum mengarah ke peningkatan kesejahteraan anggota

7

RT/RW

Kurangnya manjemen kelembagaan

8

Gapoktan

Kegiatan belum optimal

 

  • Isu Strategis

          Dari permasalahan yang ada dalam sketsa Kalurahan, Kalender Musim, Bagan Kelembagaan dapat di simpulkan beberapa isu strategis yang terjadi di Kalurahan Wukirsari pada saat-saat ini.

Isu-Isu strategis tersebut adalah  diperlukannya penguatan kekuatan hukum kepemilikan hak atas tanah, sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional,  penguatan kualitas Sumber Daya Manusia Perangkat Kalurahan agar mampu menjawab tantangan jaman berupa tuntutan peningkatan pelayanan publik dan dampak globalisasi informasi agar indeks kepuasan masyarakat meningkat , Dioptimalkanya usaha pengurangan angka kemiskinan agar masyarakat miskin dapat terentaskan, peningkatan kesehatan dalam hal penyediaan air minum yang sehat, peningkatan manajeman keirigasian agar dapat mengoptimalkan sumber daya air yang tersedia baik pada waktu musim kemarau maupun musim penghujan, diperlukanya terobosan dalam hal pemanfaatan aset – aset Kalurahan Wukirsari untuk pengembangan agra wisata, Peningkatan usaha pemanfaatan lahan - lahan tidak produktif.

 

 

Komentar atas MASALAH DAN ISU STRATEGIS KALURAHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar