Keseruan Ibu-ibu Mengikuti Lomba Gobak Sodor

Administrator 16 Agustus 2022 10:32:50 WIB

Kalurahan Wukirsari, 16 Agustus 2022.

Gobak sodor merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang ada di Indonesia khususnya di Jawa. Namun di sejumlah daerah, permainan sejenis “Gobak Sodor” juga bisa kita temui namun memiliki penyebutan yang berbeda-beda.

Dilansir dari laman https://regional.kompas.com/ ternyata gobak sodor bukan berasal dari Indonesia. Sejumlah literatur Belanda menyebutkan kata Gobak Sodor diambil dari Go Back Through The Door yang berarti menembus pintu. Penyebutan Gobak Sodor berasal dari orang Indonesia yang sulit mengucap dalam bahasa asing sehingga menjadi gobak sodor. Selain itu, gobak sodor tercatat dalam buku kamus Jawa (Baoesastra) yang ditulis oleh WJS Poerwadarminto yang dipublikasikan JB Wolters Uitgevers Maatschappij NV Groningen, Batavia pada tahun 1939. Terdapat fakta lain mengenai permainan ini, salah satunya gobak sodor berarti bergerak bebas menggunakan tombak, Gobak berarti bergerak dengan bebas dan sodor berarti tombak. Penjabaran tersebut karena dahulu kala para prajurit kerap melakukan permainan yang bernama sodoran untuk melatih keterampilan berperang dengan tombak.

Di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, beberapa dusun menggelar lomba Gobak Sodor dan permainan tradisional lainnya yang diikuti oleh pemuda hingga Ibu-ibu. Selain lomba Gobak Sodor, juga diwarnai dengan kegiatan senam masal, jalan sehat, tarik tambang dan yang lainnya.

Komentar atas Keseruan Ibu-ibu Mengikuti Lomba Gobak Sodor

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar