Sekretaris Dirjen Tanaman Pangan Kementan Meninjau Wilayah Wukirsari

Administrator 06 September 2022 13:09:32 WIB

Kalurahan Wukirsari, 06 September 2022.

Kalurahan Wukirsari memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup. Potensi besar pertanian yang dimiliki Wukirsari pun tidak luput dari berbagai kendala seperti mengembalikan dari pertanian tebu menjadi lahan pertanian yang dapat diolah kembali oleh masyarakat hingga memperbaiki lahan yang sudah kurang produktif.

Untuk itu bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian serta Pemerintah Kalurahan Wukirsari melaksanakan rapat dengar pendapat dan tinjauan dari Kementrian Pertanian terkait dengan Integrated Farming di wilayah Wukirsari (06/09/2022). Acara tersebut bertempat di Wana Jonggol, Dusun Balangan, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan.

Integrated farming merupakan sistem pertanian dengan memanfaatkan keterkaitan antara tanaman pangan serta ternak dan perikanan untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan pelestarian sumberdaya alam.

Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian Sleman dan seluruh undangan. Lurah Handung mengatakan jika sekitar 60-70% wilaya Wukirsari merupakan lahan pertanian dan perkebunan. Selain itu ada beberapa lahan yang belum dapat dioptimalkan karena kurang produktif.

“Besar harapan kami untuk program ini dapat berjalan lancar dan akan kami persiapkan dan laksanakan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat menopang ketahanan pangan di Wukirsari hingga Kapanewon Cangkringan.” Kata Handung Tri Rahmawan.

Sementara itu, Ir. Bambang Pamuji, M.Si selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementrian Pertanian mengharap peran serta dari Dinas Pertanian, Pemerintah Kapanewon, Pemerintah Kalurahan Wukirsari hingga masyarakat supaya program berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Kami mencoba mendorong petani dan kita berdayakan supaya bisa mengembangkan diri agar tetap survive dan lahan pertanian bisa terus produtif.” Kata Ir. Bambang Pamuji, M.Si.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar