Selamat Memperingati Hari Olah Raga Nasional

Administrator 09 September 2022 07:54:14 WIB

Kalurahan Wukirsari, 09 September 2022.
 
Dikutip dari laman Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, awal mula dicetuskan Hari Olahraga Nasional di Indonesia berawal dari diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9 sampai 12 September 1948, di kota Surakarta, Jawa Tengah. Tanggal 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional oleh warga Indonesia.
 
PON I digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris. Hal ini disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum belum diperoleh pengakuannya oleh dunia, serta paspor Indonesia pun juga tidak diakui oleh Pemerintah Inggris. Akan tetapi, mereka bisa berpartisipasi dengan ajang kompetisi dunia tersebut jika menggunakan paspor Belanda. Meskipun demikian, putra-putri Tanah Air hanya mau hadir di ajang tersebut sebagai perwakilan Indonesia.
 
Penolakan tersebut membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional. Hal ini sebagai bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa pada saat itu bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.
 
PON I kemudian disambut antusias oleh para atlet Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya para atlet Indonesia sebanyak 600 atlet yang mengikuti kompetisi tersebut, dengan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 medali. Dengan diadakan PON I, pada tanggal 9 sampai 12 September 1948 ditetapkan sebagai tanggal peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar