Hari Demokrasi Internasional Tahun 2022

Administrator 15 September 2022 09:19:00 WIB

Kalurahan Wukirsari, 15 September 2022

Setiap tanggal 15 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Demokrasi Internasional di seluruh dunia. International Democracy Day ditetapkan sesuai resolusi yang disahkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2007 untuk mendorong pemerintah memperkuat serta mengkonsolidasikan demokrasi. Kemudian Hari Demokrasi Nasional pertama kali diperingati pada tahun 2008. Pada Hari Demokrasi Internasional 2022, PBB mengangkat tema "Melindungi Kebebasan Pers untuk Demokrasi".

Secara etimologi atau bahasa, demokrasi itu berasal dari bahasa Yunani demokratia yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya pemerintahan. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) demokrasi didefinisikan sebagai bentuk/sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya atau pemerintahan rakyat.

Mengutip dari perkataan Presiden Ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid, beliau pernah berkata “Demokrasi harus berlandaskan kedaulatan hukum dan persamaan setiap warga negara tanpa membedakan latar belakang ras, suku agama dan asal muasal dimuka undang-undang.”

Selamat Memperingati Hari Demokrasi Internasional

Komentar atas Hari Demokrasi Internasional Tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar