UPT DAMKAR Kabupaten Sleman Menggelar Pelatihan Dan Simulasi Pemadam Kebakaran

Administrator 22 September 2022 10:02:03 WIB

UPT DAMKAR Kabupaten Sleman Menggelar Pelatihan Dan Simulasi Pemadam Kebakaran

Kalurahan Wukirsari, 21 September 2022.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman mengadakan acara Pembinaan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran di Hunian Tetap (Huntap) Dongkelsari (21/09/22). Pelatihan diikuti oleh sekitar 30 warga Padukuhan Gungan yang tinggal di Huntap Dongkelsari. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Huntap tersebut lebih ditekankan bagaimana warga mengerti tentang sistem proteksi kebakaran dan cara penanggulangannya secara baik dan benar.

Pada sesi pertama disampaikan tentang materi dasar penanggulangan kebakaran dan pencegahannya oleh Sumarjono dari UPT DAMKAR Kabupaten Sleman. Ia menyatakan bahwa banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut terkadang kurang diperhatikan, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah, dibandingkan upaya penanggulangannya.

“Meskipun tugas kita (pemadam), kita juga merasa prihatin jika ada kebakaran apalagi jika sampai ada korban jiwa” kata Sumarjono.

Sumarjono menjelaskan ada tugas-tugas yang tidak tertulis yang harus dilakukan masyarakat ketika ada kebakaran. Tugas tersebut antara lain,mendahulukan mobil pemadam kebakaran, menjadi penunjuk tempat terjadinya kebakaran, sebagai penunjuk sumber air serta sebagai petugas pengamanan tempat secara swakarsa.

Beliau juga mengingatkan kepada warga untuk tidak membangun portal atau gapuro dibawah 4 meter karena akan menghalangi laju mobil pemadam kebakaran.

Selanjutnya, materi praktek dijelaskan oleh tim Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman. Warga dijelaskan tentang cara memadamkan kebakaran ringan yang disebabkan oleh bocornya gas elpiji atau kebakaran karena kelalaian ketika memasak. Tim Damkar melatih warga Huntap memadamkan api baik dengan cara sederhana maupun dengan alat modern.

Dalam pelatihan tersebut, Warga yang mayoritas ibu-ibu sangat antusias mengikuti pelatihan. Bahkan beberapa warga mempraktekan secara langsung tata cara memadamkan api dengan didampingi oleh personil Damkar. Turut hadirKetua Komisi A DPRD Sleman Ani Martanti, S.T., beliau mengatakan jika pelatihan pemadam kebakaran sangat penting untuk wilayah Hunian Tetap karena rumah sangat berdekatan sehingga rawan terjadi kebakaran.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar