Selamat Memperingati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia

Administrator 28 September 2022 09:59:22 WIB

Kalurahan Wukirsari, 28 September 2022.

Hari Hak Untuk Tahu Sedunia atau International Right to Know Day pertama kali dideklarasikan di Kota Sofia, Bulgaria, pada 28 September 2002 oleh negara-negara anggota Open Government Partnership (OPG) yaitu Brasil, Indonesia,Meksiko, Norwegia, Filipina, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Dan sejak Tahun 2011 International Right To Know Day mulai diperingati di Indonesia.

Negara-negara tersebut memiliki kesadaran bahwa setiap warga negara punya hak untuk mengakses informasi publik serta berkewajiban mengawal dan mengontrol hasil pembangunan. Perayaan Right To Know Day bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa mereka memiliki hak dan kebebasan dalam mengakses informasi publik.

Di Indonesia, “Hak untuk Tahu” dijamin oleh UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, serta dijamin konstitusi sesuai dengan Pasal 28F dari UUD 1945. yang berbunyi:

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar