Sayangi Jantungmu! Tema Hari Jantung Sedunia 2022 Bertema “Use Heart for Every Heart”

Administrator 29 September 2022 09:19:05 WIB

Kalurahan Wukirsari, 29 September 2022.

Setiap tanggal 29 September setiap tahun diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD). Momentum ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kardiovaskular, termasuk pencegahan dan dampak globalnya.

Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit vaskular perifer (PVD).

Dimulai pada tahun 1999, World Heart Federation (WHF) bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengumumkan penetapan Hari Jantung Sedunia. Ide momentum ini dicetuskan oleh Antoni Bayés de Luna, presiden WHF dari tahun 1997-1999.

Awalnya Hari Jantung Sedunia diperingati pada hari Minggu terakhir di bulan September, dengan perayaan pertama berlangsung pada tanggal 24 September 2000. Setelah itu, mulai pada tahun 2011 disepakati bahwa peringatan tahunan  akan dirayakan setiap tanggal 29 September.

Melansir dari situs World Heart Federation, tema WHD tahun ini adalah “Use Heart for Every Heart”. Use Heart berarti berpikir secara berbeda dalam membuat keputusan, bertindak secara berani, dan membantu orang lain. Jantung merupakan satu-satunya organ yang dapat kita dengar dan rasakan, juga tanda kehidupan yang pertama dan terakhir. Sementara, kata For dalam For Every Heart, bermakna tindakan dari diri sendiri kepada penerima manfaat.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar