Memperingati Hari Guru Sedunia, 5 Oktober 2022

Administrator 05 Oktober 2022 10:04:01 WIB

Kalurahan Wukirsari, 05 Oktober 2022.

Setiap tanggal 5 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teachers' Day. Melansir dari laman resmi UNESCO, tema peringatan pada tahun ini yaitu "The transformation of education begins with teachers" atau "Transformasi pendidikan dimulai dari guru."

Sejarah peringatan Hari Guru Sedunia dimulai sejak tahun 1994, tepatnya saat konferensi UNESCO di Paris. Konferensi tersebut melibatkan 76 perwakilan negara dan 35 organisasi Internasional. Konferensi UNESCO membahas topik seputar Recommendations Concerning the Status of Teachers.

Selama konferensi UNESCO berlangsung atau tepatnya selama 21 September sampai 5 Oktober 1994 memberikan rekomendasi-rekomendasi terkait sikap profesional guru. Dalam kesempatan itu pula ditandatangani dokumen UNESCO tentang status guru di dunia yang meliputi standar

Berdasarkan keterangan dari The Alberta Teacher's Association, UNESCO telah meresmikan Hari Guru Sedunia dalam rangka untuk memusatkan perhatian atas kontribusi dan juga prestasi guru. Selain itu, hari guru diperingati untuk menyoroti keprihatinan dan prioritas guru dalam hal dunia pendidikan. 

Perlu diketahui, tanggal peringatan Hari Guru Sedunia tidak sama dengan Hari Guru Nasional di Indonesia. Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November pada setiap tahunnya yang bertujuan untuk memberi penghormatan kepada para guru sekaligus memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar