KWT Sekar Kantil Kembangkan Olahan Produk Dari Bahan Baku Cokelat Dan Bunga Kantil

Administrator 14 Oktober 2022 10:47:08 WIB

Kalurahan Wukirsari, 14 Oktober 2022

Kreatifitas dan inovasi perlu dilakukan dalam pengembangan produk, salah satunya yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) “Sekar Kantil” Padukuhan Salam, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan. Melalui Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, KWT “Sekar Kantil” didampingi untuk pengembangan produk guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal tersebut, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta mengadakan Program Sociopreneur Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Dusun Salam Krajan, Kalurahan Wukirsari, melalui optimalisasi proses produksi dan pemasaran buah kakao. Program tersebut dimulai sejak bulan September 2022 dan masih berlanjut hingga saat ini.

Menurut Bambang Tri Atmojo selaku Dukuh Salam, program yang sedang berjalan di Padukuhan Salam adalah pengembangan produk olahan makanan dari bahan baku tananman kakao oleh Komunitas Wanita Tani (KWT) “Sekar Kantil” Padukuhan Salam.

Inastri Nurohmawati selaku penggerak Kelompok Wanita Tani “Sekar Kantil” mengatakan jika saat ini KWT Sekar Kantil telah mempunyai beberapa produk. Awal mulanya KWT membuat Produk Granola Coklat Kacang kemudian berkembang menjadi beberapa varian produk seperti kripik pisang coklat, cokies coklat dan minuman instan Jahe Coklat.

 

Sementara itu, KWT Sekar Kantil akan mengembangkan pemanfaatan bunga kantil yang banyak tumbuh di dusun mereka untuk dijadikan produk minyak wangi serta olahan minuman tradisional.

 

“Tentunya KWT Sekar Kanthil Dusun Salam selalu optimis dan giat berproduksi karena semakin meningkatnya permintaan Pasar” Ucap Inastri Nurohmawati.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar