Ki Ageng Pangosongan Dan Cikal Bakal Dusun Bedoyo

Administrator 01 November 2022 12:14:38 WIB

Kalurahan Wukirsari, 01 Oktober 2022.

Di Dusun Bedoyo, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan terdapat salah satu makam sesepuh Dusun Bedoyo yang bernama Ki Ageng Pangosongan. Makam Ki Ageng Pangosongan yang terdapat di sebelah timur Dusun Bedoyo dan beberapa petilasan sampai saat ini masih dirawat oleh warga.
 
Sigit Widiatmoko selaku Dukuh Bedoyo menuturkan, menurut cerita Ki Ageng Pangosongan mempunyai nama kecil Raden Joko Sambuyo, nama dewasa Pangeran Banjarsari dan nama sepuh beliau adalah Ki Ageng Pangosongan. Selain itu beliau juga dikenal dengan nama Pangeran Kudo Tali Wongso atau Kyai Pelet.
Ki Ageng Pangosongan lahir di Mojolaban , Sukoharjo, Jawa Tengah hari Jumat Legi, Tanggal 21 Jumadi Awal 1672 M dan meninggal di Dusun Bedoyo, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman pada hari Jumat Legi , Tanggal 16 Rejeb 1752 M dalam usia 80 tahun.
 
Dari cerita masyarakat, pada masa perang dengan Belanda seluruh Pasukan Perang kembali ke kraton Mataram Surakarta. Namun Ki Ageng Pengosong tidak ikut pulang ke kraton mataram Surakarta, tetapi ingin hidup sebagai petani di alas Bangsri, dan "mbudi doyo" hidup sekeluarga di tempat tersebut. Istri Ki Ageng Pangosongan yang bernama Raden Ayu Prabansari dan memiliki 12 anak yang bertempat tinggal di dusun Bedoyo dan dusun Gatak.
 
Dusun Bedoyo pun diambil dari ucapan Ki Ageng Pengosong saat menetap diwilayah tersebut yaitu "Mbudi doyo".

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar