Antisipasi Talud Ambrol, Warga Huntap Dongkelsari Bergotong-Royong Amankan Talud

Administrator 08 November 2022 11:10:10 WIB

Kalurahan Wukirsari, 08 November 2022.

Beberapa talud di Hunian Tetap (Huntap) Dongkelsari, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan terancam ambrol. Hal tersebut disebabkan oleh intensitas curah hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini. Untuk mengantisipasi ambrolnya talud, warga langsung bergotong royong mengamankan bagian bawah talud menggunakan batu.

“Untuk situasi sungai sisi barat dan sisi timur cukup menghawatirkan” ungkap Anwar Shidqi selaku Ketua RT 02 Padukuhan Gungan yang tinggal di Huntap Dongkelsari.

Anwar mulai mengamati sungai pada Senin Sore, (08/11/22). Saat itu hujan sangat deras, dan aliran Sungai Tepus hampir meluap ke persawahan. Sedangkan sungai yang berada di sebelah timur huntap meluap hingga membanjiri beberapa rumah warga. Luapan sungai tersebut disebabkan oleh tersumbatnya bagian bawah jembatan oleh potongan-potongan pohon dan sampah.

Setelah hujan reda didapati beberapa talud terkikis hingga bagian talud menggantung sepanjang 10 meter. Selain itu, bronjong pengaman di sisi barat huntap juga terlihat ambles dan hampir roboh.

Untuk menindak lanjuti kejadian tersebut Tokoh Masyarakat langsung berkoordinasi untuk segera mencari solusi supaya dampak yang ditimbulkan tidak semakin besar. Pada Selasa Pagi, (08/11/22) sebagian warga Huntap Dongkelsari langsung bergotong royong mengamankan talud di sisi timur Huntap.

Dikarenakan masih hari kerja maka pengamanan talud baru semampunya dan akan dilanjutkan pada hari minggu.

“Untuk semua elemen warga, besuk hari minggu kami minta bergotong royong di alur sungai”. Pungkas Anwar Shidqi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar