Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalurahan Wukirsari

Administrator 10 November 2022 12:41:04 WIB

Kalurahan Wukirsari, 10 November 2022.

Pemerintah Kalurahan Wukirsari melaksanakan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pada hari Kamis, (10/11/2022). Pembentukan Pokdarwis tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur DIY No. 40 Tahun 2020  tentang Kelompok Sadar Wisata dan Desa / Kampung Wisata. Acara tersebut dihadiri oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Lurah dan Pamong Wukirsari, perwakilan Lembaga Kalurahan serta pengelola wisata tingkat dusun di Kalurahan Wukirsari.

Dalam sambutannya, Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan mengatakan jika pembentukan Pokdarwis Wukirsari sesuai arahan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, bahwa Pokdarwis hanya ada di tingkat Kalurahan.

“Maka dari itu di tingkat padukuhan yg selama ini dikelola akan koordinir sesuai dengan arahan Gubernur” jelas Lurah Wukirsari.

Beliau juga menyampaikan, bahwa sebelumnya Pemerintah Kalurahan Wukirsari telah membentuk Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) yang nantinya diharapkan dapat membantu pengembangan potensi wisata di Wukirsari.

Lurah Handung juga menjelaskan pembentukan Pokdarwis bukan berarti mengambil alih apa yang sudah diupayakan Pokdarwis di tingkat Dusun, namun Pokdarwis Kalurahan merupakan sebagai wadah atau payung yang lebih kuat dari Pokdarwis di tingkat Padukuhan.

Dikesempatan yang sama Nyoman Rai Savitri, S.Psi, M.Ec.Dev selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menuturkan bahwa Desa wisata harus bersinergi dengan BUMKal, sesuai dengan pola di masing-masing wilayah. Kelompok Sadar Wisata nantinya juga diharapkan membuat perjanjian kerja sama dengan BUMKal sehingga terjalin kerjasama yang baik dan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bumkal adalah payung hukum paling kuat di kalurahan termasuk di bidang pariwisata” jelas beliau.

Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan pesan jika sinergritas antara aktivitas pariwisata dengan BUMKal harus sangat kuat.

“Yang penting adalah bagaimana nanti menguatkan organisasinya, kalau bisa nanti mohon kesediannya untuk tidak membuat pokdarwis di dusun masing-masing” pungkas Nyoman.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber Ketua Forkom Pokdarwis Kabupaten Sleman Ageng Wijaya, SH. Ageng menjelaskan tata cara pembentukan susunan pengurus hingga pembuatan AD/ART Pokdarwis Kalurahan.

“Pokdarwis sebagai wadah Desa Wisata harus dapat memetakan potensi wisata di Kalurahan supaya tidak ada persaingan ataupun kesenjangan antar pengelola wisata di tingkat dusun” kata Ageng Wijaya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar