Sosialisasi Sistem Informasi Desa Dalam Era Digitalisasi Di Kalurahan Wukirsari.

Administrator 18 November 2022 10:44:23 WIB

Kalurahan Wukirsari, 18 November 2022.

Bertempat di Ruang Rapat Sadewa Lantai Dua, Pemerintah Kalurahan Wukirsari mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis Sistem Informasi Desa (SID) bagi Dukuh se-Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan (18/11/22). Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Bhabinkamtibmas serta Babinsa Wukirsari.

Kepala Urusan Tata Laksana Wukirsari, Rosyid Ma’ruf, S.E. dalam sambutannya mengatakan, saat ini Kalurahan Wukirsari memiliki Website Desa/Kalurahan dan SID. Website tersebut untuk mengenalkan inovasi dan kegiatan-kegiatan yang di laksanakan di Kalurahan dengan transparan sehingga masyarakat mengetahui apa saja Program Pemerintah Kalurahan.

Salah satu hal yang sangat penting dalam implementasi SID adalah sumber daya manusia sebagai bagian dari Sistem Informasi Desa. Untuk itu seluruh Pamong khususnya Dukuh yang selalu mendampingi masyarakat juga perlu mempunyai keahlian untuk menginformasikan kegiatan yang dilakukan di Padukuhannya masing-masing.

Beliau juga menjelaskan pentingnya Sistem Informasi Desa untuk berbagi informasi. Dengan adanya SID, informasi tentang Kalurahan Wukirsari dapat tersedia setiap saat. Sehingga warga Wukirsari maupun masyarakat umum dapat melihat informasi yang ada di Wukirsari.

“Jika penduduk ada yang menanyakan jumlah penduduk di Wukirsari, dapat melihat di website Wukirsari” jelas Royid Ma’ruf.

Setelah itu acara diisi pelatihan dasar-dasar jurnalistik oleh Yohannes Bara Wahyu Riyadi salah satu penulis serta wartawan yang juga seorang warga Kalurahan Wukirsari. Kemudian dilanjutkan pemaparan singkat mengenai Sistem Informasi Desa oleh Lilik Rudi selaku Operator Pengelola Website dan Media Sosial Kalurahan Wukirsari.

Dukuh-dukuh juga melakukan simulasi atau praktek menggunakan layanan mandiri secara online melalui website atau aplikasi “Kalurahan Wukirsari” yang dapat diunduh melalui Google Playstore.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar