Semangat Gotong Royong Warga Wukirsari Masih Sangat Terjaga Sampai Saat Ini

Administrator 21 November 2022 11:15:49 WIB

KalurahanWukirsari. 21 November 2022.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong adalah kerjasama atau tolong menolong, dan saling membantu diantara anggota atau suatu komunitas. Sedangkan Kerja Bhakti adalah salah satu bentuk dari gotong royong. Aktivitas kerja bhakti adalah sebuah wujud yang bisa meningkatkan rasa saling menolong antar sesama dan saling peduli.

Gotong royong atau Kerja Bhakti merupakan salah satu pengamalan dari sila ke-3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia. Selain itu, kegiatan gotong royong juga menjadi bagian dari manusia sebagai makhluk sosial. Sebab, dalam praktiknya, manusia tidak bisa hidup sendirian, karena ia akan selalu membutuhkan bantuan orang lain sekecil apapun. Gotong royong juga merupakan budaya kita yang perlu dipertahankan.

Di Minggu ini Warga Kalurahan Wukirsari melaksanakan beberapa kegiatan dan diantaranya kita dokumentasikan dalam "Sambang Dusun" tanggal 20 November 2022.

  1. Warga Padukuhan Duwet bersam-sama gotong royong membersihkan pohon bambu yang mengganggu aliran listrik dan berpotensi mengganggu akses jalan raya (20/11/22).
  2. Warga Dusun Ngemplak melaksanakan kerja bhakti memperbaiki saluran Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang yang bersumber dari Sungai Opak (20/11//22).
  3. Dikarenakan semakin padatnya makam, warga Padukuhan Bedoyo berinisiatif untuk melakukan penataan ulang makam yang berada di Dusun Bedoyo (20/11/22).
  4. Memasuki musim penghujan, warga Dusun Kiyaran memperbaiki saluran drainase. Hal ini dilakukan untuk mencegah aliran air hujan memasuki jalan sehingga dapat merusak jalan serta dapat meluap ke rumah warga.
  5. Sementara itu, warga Brayut, Tanjung masih memperbaiki saluran irigasi yang 2 minggu yang lalu rusak akibat curah hujan yang deras di wilayah Wukirsari.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat di :

facebook : Pemerintah Kalurahan Wukirsari Cangkringan

instagram : kalurahanwukirsari

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar