Kirab Budaya Serta Merti Dusun Padukuhan Pusmalang Wujud Syukur Warga Kepada Tuhan YME

Administrator 21 November 2022 11:24:32 WIB

Kalurahan Wukirsari, 19 November 2022.

Warga Padukuhan Pusmalang, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan melaksanakan Kirab Budaya Merti Dusun dengan berbagai rangkaian acara (19/11/22). Diawali dengan kirab budaya yang diikuti oleh seluruh warga masyarakat Padukuhan Pusmalang dan dihadiri oleh Muspika Kapanewon Cangkringan, Lurah serta Pamong Kalurahan Wukirsari. Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Gapura Padukuhan Pusmalang dan diakhiri dengan pentas kesenian Wayang Kulit.

Dengan slogan “Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah” warga Pusmalang bersama-sama mensukseskan acara kirab budaya dan merti dusun tersebut. sesuai dengan tema, seluruh warga bergotong royong, bersatu sehingga dengan media Kirab Budaya, warga semakin rukun, serta saling menjaga persatuan di lingkup Padukuhan.

Tradisi “merti dusun” merupakan bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat, berkah serta limpahan rejekinya. Sebagai bentuk syukur tersebut diwujudkan dengan adanya “gunungan” yang berisi beraneka macam hasil bumi yang setiap bagiannya mempunyai arti filosofis seperti budaya jawa pada umumnya.

Kemudian gunungan diarak keliling kampung dan diiringi oleh barisan masyarakat. Gunungan dalam kirab juga di ikuti oleh Bergodo Padukuhan Pusmalang, Tokoh Masyarakat, Pelaku Seni serta kelompok potensi dusun yang lain.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar